https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER I https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Monday, November 30, 2015

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MAN 1 Garut
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semerter            : XI/1
Alokasi waktu             : 4 x 45 menit
A.    Standar kompetensi :
Berbicara : 5. Memahami pementasan drama 
B.     Kompetensi dasar :
5.1  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
C.    Indikator pencapaian kompetensi :
1.      Memahami tokoh, peran, dan watak.
2.      Memahami konflik dalam pementasan drama.
3.      Memahami tema dalam pementasan drama.
4.      Memahami alur dalam pementasan drama.
5.      Memahami pesan yang terkandung dalam drama.
6.      Memahami dialog yang terkdandung dalam drama.
7.      Menentukan tokoh, peran, dan wataknya.
8.      Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung.
9.      Menentukan tema dengan alasan.
10.  Menentukan alur dengan data yang mendukung.
11.  Menentukan pesan dengan data yang mendukung.
12.  Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar.
13.  Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
D.    Tujuan pembelajaran :
Setelah siswa mengikuti proses pembelajaran, siswa diharapkan:
1.      Siswa memahami tokoh, peran, dan watakn.
2.      Siswa memahami konflik dalam pementasan drama.
3.      Siswa memahami tema dalam pementasan drama.
4.      Siswa memahami alur dalam pementasan drama.
5.      Siswa memahami pesan yang terkandung dalam drama.
6.      Siswa  memahami dialog yang terkdandung dalam drama.
7.      Siswa mampu menentukan tokoh, peran, dan wataknya.
8.      Siswa mampu menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung.
9.      Siswa mampu menentukan tema dengan alasan.
10.  Siswa mampu menentukan alur dengan data yang mendukung
11.  Siswa mampu menentukan pesan dengan data yang mendukung.
12.  Siswa mampu merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar.
13.  Siswa mampu mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
E.     Karakteristik siswa yang diharapkan :
1.      Terampil
2.      Kritis
3.      Cinta tanah air
4.      Komunikatif
5.      Tanggung jawab
6.      Respontif
7.      Santun
8.      Religius
9.      Peduli
F.     Materi pembelajaran :
1.      Unsur-unsur pementasan drama:
a.       Tema
Tema merupakan keseluruhan dari cerita yang dibuat tema adalah ide pokok yang menjadi dasar atau pokok utama dari drama. Dapat dikatakan tema sebagai “akar” pada suatu drama. Dengan bertolakkan dari tema, unsur-unsur instrinsik drama dikembangkan dan dikarang sedemikian rupa mengikuti tema yang telah ditentukan, seperti alur, pertokohan, latar, gaya bahasa, judul, dan lainya.
b.      Tokoh
Tokoh adalah individu atau seseorang yang menjadi pelaku cerita. Tokoh dalam drama berkaitan dengan nama, usia, jenis kelamin, tipe fisik, jabatan, dan keadaan kejiwaan.
Tokoh-tokoh dalam drama dapat diklasifikasikan seperti berikut.
a)      Berdasarkan sifatnya, tokoh diklasifikasikan sebagai berikut.
1)      Tokoh protagonis, yaitu tokoh utama yang mendukung cerita.
2)      Tokoh antagonis, yaitu tokoh penentang cerita.
3)      Tokoh tritagonis, yaitu tokoh pembantu, baik untuk tokoh protagonis maupun tokoh antagonis.
b)      Berdasarkan peranannya, tokoh diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
1)      Tokoh sentral yaitu tokoh-tokoh yang paling menentukan dalam drama, tokoh sentral merupakan penyebab terjadinya konflik. Tokoh sentral meliputi tokoh protagonis dan tokoh antagonis.
2)      Tokoh utama yaitu tokoh pendukung atau penentang tokoh sentral. Dapat juga sebagai perantara tokoh sentral. Dalam hal ini adalah tokoh tritagonis.
3)      Tokoh pembantu yaitu tokoh-tokoh yang memegang peran pelengkap atau tambahan dalam mata rangkai cerita. Kehadiran tokoh pembantu ini menurut kebutuhan cerita saja. Tidak semua drama menampilkan kehadiran tokoh pembantu.
c.       Perwatakan
Perwatakan disebut juga penokohan. Perwatakan adalah penggambaran sifat batin seseorang tokoh yang disajikan dalam cerita. Perwatakan tokoh-tokoh dalam drama digambarkan melalui dialog, ekspresi, atau tingkah laku sang tokoh. Watak para tokoh digambarkan dalam tiga dimensii (watak dimensional) sebagai berikut.
a)      Keadaan fisik
Keadaan fisik tokoh dogambarkan melalui umur, jenis kelamin, ciri-ciri tubuh, cacat jasmani, ciri khas yang menonjol, suku, bangsa, raut muka, kesukaan, tinggi/pendek, kurus/gemuk, atau suka senyum/cemberut.
b)      Keadaan psikis
Keadaan psikis tokoh meliputi watak, kegemaran, mental, standar moral, tempramen, ambisi, psikologis yang dialami, dan keadaan emosi.
c)      Keadaan sosiologis
Keadaan sosiologis tokoh meliputi jabatan, pekerjaan, kelas sosial, ras, agama, dan ideologi.
d.      Alur
Alur adalah rangkaian peristiwa yang dijalin untuk menggerakkan jalan cerita. Jenis-jenis alur yaitu sebagai berikut.
a)      Alur maju, yaitu alur atau jalan cerita yang disusun berdasarkan urutan waktu (naratif) dan urutan peristiwa (kronologis)
b)      Alur mundur, yaitu alur atau jalan cerita yang mengembalikan cerita ke masa atau waktu sebelumnya.
c)      Alur campuran, yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur. Cerita bergeral dari bagian tengah, menuju ke awal, dilanjutkan ke akhir cerita.
Bagian-bagian alur cerita adalah sebagai berikut.
a)      Tahap- tahapan awal, pada tahapan awal ini merupakan tahapan pengenalan tokoh- tokoh cerita serta perwatakan, latar, dan lain sebaginya.
b)      Tahap peristiwa, tahap dimunculkannya suatu peristiwa sebagai penggerak cerita.
c)      Tahap muncul konflik, tahap selanjutnya penonton diajak pada pengenalan konflik. Pada tahap ini, konflik yang merupakan bumbu agar suatu drama lebih menarik akan terjadi. Konflik- konflik ini tentunya melibatkan semua pemain (tokoh). Dalam tahap ini pula penonton akan mengenal alur dari cerita yang dibuat.
d)     Tahapkonflik memuncak, merupakan tahapan puncak dari konflik yang ada. Ditahapan ini merupakan tahap puncak dari ketegangan yang terjadi mulai dari awal cerita.
e)      Tahap penyelesaian, tahap permasalahan mulai ada penyelsaian (jalan keluar) menuju ke akhir cerita.
e.       Latar
Merupakan tempat terjadinya setiap peristiwa yang berlangsung dalam alur cerita. Latar meliputi tiga dimensi yaitu sebagai berikut.
a)      Latar tempat
Latar tempat adalah tempat terjadinya cerita dalam drana. Latar tempat tidak dapat berdiri sendiri. Latar tempat berhubungan dengan latar ruang dan waktu.
b)      Latar waktu
Latar waktu adalah waktu/zaman/periode sejarah terjadinya cerita dalam drama. Latar waktu juga terjadi di waktu siang, pagi, sore, ataupun malam.
c)      Latar suasana
Latar suasana adalah suasana yang mendukung terjadinya cerita. Latar cerita dapat didukung dengan tata suara atau tata lampu saat pementasan drama.
f.       Dialog
Dialog adalah percakapan di dalam karya sasttra antara dua tokoh atau lebih. Ciri khas naskah drama berbentuk cakapan atau dialog. Dialog diucapkan do atas panggung jika dipentaskan.
Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan dialog dalam naskah drama.
a)      Dialog harus mencerminkan percakapan sehari-hari, karena drama merupakan mimetik (tiruan) dari kehidupan sehari-hari.
b)      Ragam bahasa dalam dialog drama menggunakan bahasa lisan yang komunikatif dan bukan ragam bahasa tulis.
c)      Diksi (pilihan kata ) yang digunakan dalam drama harus berhubungan dengn konflik dan plot.
d)     Dialog dalam naskah drama juga harus bersifat estetis, artinya memiliki bahasa yang indah.
e)      Dialog harus dapat mewakili tokoh yang dibawakan, baik watak secara psikologis, sosiologis, maupun fisiologis.
g.      Konflik
Konflik adalah ketegangan di dalam cerita rekaan atau drama, pertentangan anatara dua kekuatan. Pertentangan ini dapat terjadi dalam diri satu tokoh, antara dua tokoh, antara tokoh dan amsyarakat lingkungannya, antara tokoh dan alam, serta antara tokoh dan Tuhan. Istilah lainnya ialah pertikaian.
Konflik dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Konflik eksternal adalah konflik yang terjadi antara tokoh dengan sesuatu di luar dirinya.
b)      Tokoh internal adalah konflik yang terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri.
h.      Amanat
Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca atau penonton melalui karyanya (termasuk drama). Setiap pembaca atau penonton dapat berbeda-beda dalam menafsirkan amanat drama. Amanat drama selalu berhubungan dengan tema drama.
2.      Video Pendek “Salah Sedekah” yang mengandung unsur tokoh, watak, konflik, tema, amanat, dan dialog.




G.    Strategi Pembelajaran :
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Memahami peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama

Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama atau film pendek yang disaksikannya
Mengaitkan isi drama atau film pendek dengan kehidupan sehari-hari
H.    Metode pembelajaran :
-          Diskusi
-          Tanya Jawab
-          Ceramah
-          Demonstrasi
I.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (5 menit)
Pertemuan Pertama:
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2.      Mengkondisikan kelas.
3.      Mengecek kehadiran siswa.
4.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Guru dan siswa bertukar pengalaman hal ihwal drama.
Pertemuan Kedua:
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2.      Mengkondisikan kelas.
3.      Mengecek kehadiran siswa.
4.      Guru bertanya mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.      Guru  menyebut judul  (bila memungkinkan Guru  memutarkan cuplikan)   drama/film terbaru atau  sinetron di televisi yang sedang digemari dan menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya.
7.      Siswa  yang mengaku menonton diminta untuk menceritakan sekilas drama/film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
8.      Membentuk kelompok diskusi.
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Pertemuan Pertama:
Eksplorasi
1.      Siswa diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang   membangun  cerita drama.
2.      Guru menjelaskan secara lebih mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama. Sebelumnya,
3.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut.
Elaborasi
1.      Siswa dikelompokan sebanyak delapan sampai dengan sembilan orang siswa.
2.      Tiap orang dalam team diberi bagian materi berbeda.
3.      Tiap orang dalam team diberi bagian materi yang ditugaskan
4.      Anggota dari team yang berbeda yang telah mempelajari bagian sub bagian yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusiksn sub bab mereka.
5.      Setelah selesai diskusi sebagai tem ahli tiap anggota kembali kedalam kelompok asli dan bergantian mengajar teman satu tem mereka tentang sub bab yang mereka kusai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan seksama.
6.      Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
7.      Guru memberi evaluasi.
Konfirmasi
1.      Siswa dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum dipahami.
3.      Guru dan siswa menyimpulkan unsur-unsur pementasan drama.
4.      Siswa dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
Pertemuan Kedua:
Eksplorasi
1.      Siswa menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama.
2.      Siswa bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk  menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Elaborasi
1.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
2.      Siswa mengidentifikasi tokoh, peran, watak, konflik, tema, amanat dari video yang telah disaksikannya secara berkelompok.
3.      Siswa membuat  sinopsis dari video film pendek yang disaksikannya secara berkelompok.
4.      Secara bergantian, kelompok   mempresentasikan  di depan kelas  dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Konfirmasi
1.      Siswa dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum dipahami.
3.      Guru dan siswa menyimpulkan hasil mengidentifikasi unsur-unsur dalam pementasan drama/film pendek.
4.      Siswa dan guru berdiskusi mengenai kesulitan-kesulitan bagaimana mengidentifikasi hal ihwal pementasan drama.
5.      Siswa dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
Pertemuan Pertama:
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan bagaimana memahami hal ihwal pementasan drama.
3.       Siswa mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
4.      Siswa diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
5.      Siswa dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
6.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan tugas pengayaan.
Pertemuan Kedua:
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan bagaimana mengidentifikasi hal ihwal pementasan drama.
3.      Siswa mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
4.      Siswa diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
5.      Siswa dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
6.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan tugas pengayaan.
J.      Alat dan Sumber Belajar :
1.      Alat pembelajaran:
-      Infokus
-      Laptop
2.      Sumber belajar:
-      Mafrukhi, ddk. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
-      LKS
-      Courtesy Of Youtube
K.    Penilaian :
a.       Jenis Evaluasi:
-      Tugas Individu
-      Tugas Kelompok
b.      Bentuk Instrumen:
-      Penugasan
-      Format Pengamatan
c.       Instrumen:
Pertemuan Pertama:
-      Tugas Individu
-      Tatap Muka
Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e.
1.      Individu/seseorang yang menjadi pelaku cerita disebut....
a.       tokoh
b.      penokohan
c.       watak
d.      perwatakan
e.        artis
2.      Berdasarkan perannya, tokoh protagonis dan tokoh antagonis termasuk tokoh....
a.       tokoh sentral
b.      tokoh utama
c.       tokoh sifat
d.      tokoh pembantu
e.       tokoh tritagonis
3.      kegemaran dan ambisi termasuk watak dalam keadaan....
a.       sosiologis
b.      fisik
c.       psikis
d.      watak
e.       ideologi
4.      alur yang dsusun berdasarkan urutan naratif dan kronologis adalah alur....
a.       mundur
b.      maju
c.       campuran
d.      pengenalan
e.       peristiwa
5.      setting yang tidak dapat berdiri sendiri adalah setting....
a.       suasana
b.      waktu
c.       tempat
d.      siang
e.       malam
Berilah tanda silang (x) pada huruf B jika pernyataannya benar dan huruf S jika pernyataannya salah.
6.      B – S   Tema merupakan gagasan pokok/ide yang tidak mendasari
pembuatan sebuah drama.
7.      B – S   Tokoh utama sebagai perantara tokoh sentral.
8.      B – S   Situasi muncul pada tahap penyelesaian.
9.      B – S   Ragam bahasa dalam dialog dra,a meggunakan ragam
Bahasa
10.  B – S Amanat drama selalu berhubungan dengan tema.
Kunci Jawaban Pertemuan Pertama:
1.      a
2.      a
3.      c
4.      b
5.      c
6.      S
7.      B
8.      S
9.      S
10.  B
Pertemuan Kedua:
-      Tugas Kelompok
-      Mandiri
Setelah siswa menyaksikan tayangan film pendek “Salah Sedekah”, siswa ditugaskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1.      Tentukan tokoh, peran, dan watak pada video yang telah Anda saksikan dan berilah tanggapan terhadap penokohan tersebut!
2.      Tentukan alur yang terdapat dalam video yang Anda saksikan dengan data yang mendukung!
3.      Tentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung!
4.      Tentukan tema dengan alasannya!
5.      Tentukan pesan dengan data yang mendukung!
6.      Rangkumlah isi drama berdasarkan dialog yang didengar!
7.      Kaitkanlah isi drama dengan kehidupan sehari-hari!
L.     Kriteria dan Rubrik Penilaian
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya,    dialog, dan konflik pada  pementasan drama
Pertemuan Pertama:
Jumlah soal adalah 10, setiap butir soal memiliki skor 10 sehingga jumlah skor jawaban benar semua adalah 100.


Skor yang diperoleh



Nilai  =
------------------------
X
100
=  . .  .

Skor Maksimum (100)




Pertemuan Kedua:
No.
Kriteria Penilaian
Deskriptor
Skala Nilai
1
2
3
4
5
1.
Alur
Ketepatan mengidentifikasi alur dalam film pendek yang disaksikan





2.
Penokohan
Ketepatan mengidentifikasi tokoh dan watak dalam film pendek yang disaksikan





3.
Konflik
Ketepatan mengdidentifikasi konflik dalam film pendek yang disaksikan





4.
Tema
Ketepatan mengidentifikasi tema dalam film pendek yang disaksikann





5.
Amanat
Ketepatan mengidentifikasi amanat dalam film pendek yang disaksikan





6.
Dialog
Ketepatan merangkum isi film berdasarkan dialog dalam film pendek yang disaksikan





7.
Kaitan dengan kehidupan nyata
Ketepatan dalam mengaitkan antara isi film dengan kehidupan sehari-hari





Skor Total


Keterangan: penilaian berdasarkan deskriptor yang sudah tersedia dengan memberikan skala nilai 1 jika tidak tepat, 2 jika kurang tepat, 3 jika cukup, 4 jika baik, dan 5 jika sangat baik.
Penghitungan skor total:

Skor yang diperoleh



Nilai  =
------------------------
X
100
=  . .  .

Skor total (35)




..........,....................
Mengetahui,
Guru Pamong
Guru PPL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia







Drs. Hj. Dede Susanna
Riska Ramdiani


No comments:

Post a Comment