https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Friday, February 19, 2016

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MAN 1 Garut
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semerter            : XI/1
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
A.    Standar kompetensi :
Menulis: 8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
B.     Kompetensi dasar :
8.1  Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
C.    Indikator pencapaian kompetensi :
1.      Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
a.       identitas buku,
b.      kepengarangan,
c.       keunggulan buku,
d.      kelemahan buku,
e.       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD,
f.       kesimpulan.
D.    Tujuan pembelajaran :
Setelah siswa mengikuti dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan:
1.      Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi
2.      Mengungkapkan identitas buku
3.      Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku
E.     Karakteristik siswa yang diharapkan :
1.      Terampil
2.      Kritis
3.      Cinta tanah air
4.      Komunikatif
5.      Tanggung jawab
6.      Respontif
7.      Santun
8.      Religius
9.      Peduli
F.     Materi pembelajaran :
a.      Istilah resensi
Istilah yang sama : timbangan buku, tinjauan buku, pembicaraan buku, dan bedah buku.
b.      Pengertian resensi
Menurut asal katanya, resensi berasal dari kata bahasa Belanda recensie yang berarti memeriksa kembali atau menimbang atau bahasa latin recenseo yang berarti ulasan tentang buku, film, drama, atau pun kaset. Ulasan dalam resensi sifatnya informatif karena menginformasikan kualitas objek yang diresensi, baik atau burukkah objek tersebut. Dengan kata lain, resensi merupakan tulisan atau uraian mengenai sebuah karya, terutama buku, baik fiksi maupun nonfiksi atau buku ilmiah.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi adalah pertimbangan atau ulasan sebuah hasil karya atau sebuah buku. Orang yang menulis resensi disebut resensator.
Dasar-dasar resensi adalah sebagai berikut.
1.      Memahami tujuan pengarang asli
2.      Memahami tujuan resensi
3.      Memahami latar belakang pembaca
4.      Memahami karakteristik media
c.       Tujuan resensi
Tujuan resensi adalah memberi informasi kepada masyarakat akan kehadiran suatu buku, apakah ada hal yang baru dan penting atau hanya sekadar mengubah buku yang sudah ada dan menyampaikan kepada pembaca tentang kualitas hasil karya atau sebuah buku, apakah pantas mendapat sambutan masyarakat atau tidak (menginformasikan kualitas). Kelebihan dan kekurangan buku adalah objek resensi, tetapi pengungkapannya haruslah merupakan penilaian objektif dan bukan menurut selera pribadi si pembuat resensi. Simpulan resensi biasanya berusaha meyakinkan pembaca agar membaca buku yang diulas. Umumnya, di akhir ringkasan terdapat nilai-nilai yang dapat diambil hikmahnya.
-          Memberikan informasi
-          Mengajak
-          Memberikan pertimbangan
-          Menjawab pertanyaan
-          Mendapatkan bimbingan pada saat memilih buku
d.      Fungsi resensi
Resensi buku mempunyai berbagai fungsi. Hal ini bergantung pada siapa yang menggunakannya. Dilihat dari subyek penggunanya, Saryono (1997:58—59) membagi menjadi empat fungsi resensi, yaitu sebagai berikut.
1.       Fungsi resensi bagi penulis buku.
Bagi penulis, resensi buku dapat berfungsi untuk mendapatkan balikan dan saran tentang buku yang ditulisnya, memperoleh sejauh mana sambutan masyarakat terhadap buku yang ditulisanya, dan penerimaan atas buku yang ditulisnya.
2.      Fungsi resensi bagi penerbit.
Bagi penerbit, resensi buku berfungsi untuk memperkenalkan buku-buku yang diterbitkannya, memperhatikan sambutan dan penerimaan masyarakat atas buku yang diterbitkannya (unsur promosi), dan mendapatkan balikan dan saran demi kebaikan buku yang diterbitkannya.
3.      Fungsi resensi bagi penerbit media massa.
Bagi penerbit media massa, resensi buku dimanfaatkan sebagai berita khas yang memberikan informasi cukup cermat,teliti, memadai, dan menarik pembaca.
4.       Fungsi resensi bagi pembaca khusus dan umum.
Para pembaca khusus memanfaatkan resensi untuk medium dalam menguji atau mengembangkan suatu topik atau masalah. Sementara itu, para pembaca umum menggunakan resensi sebagai sumber informasi dan panduan tentang buku-buku yang baik dan tidak, buku-buku yang perlu atau layak dibeli, dan buku-buku yang isinya patut diikuti atau diperhatikan.
Sementara itu, Samad (1997:2) berpendapat mengenai fungsi resensi dari dua segi, yaitu segi peresensi dan pembaca. Dari segi peresensi, manfaat resensi buku, yaitu
1.      memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku dan
2.      mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problem yang muncul dalam sebuah buku.
            Dari segi pembaca, guna resensi di antaranya
1.      Memberi pertimbangan apakah sebuah buku pantas untuk dibaca atau dimiliki,
2.      Menjawab pertanyaan yang timbul ketika melihat buku baru terbit, seperti siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku? Apa pernyataannya? Bagaimana hubungannya dengan buku-buku yang sejenis karya pengarang sama? Dan bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis yang dihasilkan pengarang lain?,
3.      Mendapatkan bimbingan dalam memilih buku, dan
4.      Mendapat informasi dengan mengandalkan resensi jika tidak ada waktu untuk membaca bukunya.
e.       Prinsip-prinsip penulisan resensi
-          Prinsip-prinsip peresensi/resentator
1.      Sistematika Resensi     : urutan dalam penulisan resensi seperti dibawah.
2.      Objek Resensi             : Objek yang akan diresensi seperti diatas.
3.      Menguasai Teori          : Resentator harus mengerti seluk beluk yang akan diresensi
4.      Objektif           : Resentator harus berpihak kepada seluruh pembaca,                                      bagaimana pendapat mereka tentang buku tersebut.
5.      Bahasa : Menggunakan kalimat yang efektif, komunikatif dan santun
-          Sasaran-sasarannya/unsur-unsur/prinsip menulis resensi adalah sebagai berikut.
1.      Identitas buku
Identitas buku biasanya dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku. Bagian ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran sebuah karya buku baru kepada masyarakat pembaca.
2.      Latar Belakang (gambaran umum)
Bagian ini menyajikan tema secara singkat ditambah dengan deskripsi mengenai buku tersebut. Deskripsi mengenai buku tidak hanya menyangkut isinya, tetapi juga identitas bukunya. Penulis dapat memulai resensinya dengan menyajikan latar belakang penulisan buku yang diresensi. Resensator dapat juga mengemukakan tema buku, maksud yang ingin dicapai penulis buku, atau gambaran umum isi buku.
3.      Jenis buku
Resentator mengungkapkan jenis buku, apakah fiksi atau nonfiksi.
4.      Kepengarangan
Terkait dengan siapa pengarang buku yang telah diresensi atau untuk memperkenalkan lebih jauh pengarang buku kepada pembaca dan karya-karya yang pernah ditulisnya. Kepengarangan adalah bentuk penyajian buku yang dilakukan oleh pengarang, misalnya cara menganalisis masalah yang dilakukan oleh pengarang, cara menyusun kesimpulan, serta gaya bahasa pengarang. Pada bagian ini dapat ditampilkan keunggulan pengarang.
5.      Ikhtisar
Resensator mengemukakan ikhtisar atau ringkasan isi buku. Biasanya ini merupakan bagian yang paling banyak. Agar mudah dipahami pembaca sebaiknya struktur yang digunakan mudah diikuti dan dengan bahasa yang baku, jelas, dan komunikatif.
6.      Keunggulan buku
Seorang penulis resensi harus berusaha dengan tepat menunjukan keunggulan buku dengan penilaian langsung, dengan cara memberi kutipan-kutipan yang menunjukkan pertalian yang tepat antara bagian-bagiannya. Untuk keunggulan buku, resensator dapat membahas kerangka buku, hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Apakah hubungan terebut harmonis, jelas, dan memperlihatkan perkembangan yang masuk akal, Apakah ada hubungan sebab akibat antarbagian. Penilaian di sini juga bisa mengemukakan daya tarik buku, keistimewaan buku, kelebihan buku dibanding buku (sejenis) yang lain.
7.      Kelemahan buku
Kelemahan buku dikemukakan dalam resensi, sebagai pertimbangan pembaca dalam memilih buku atau novel. Kelemahan buku, resensator harus jujur bahwa setiap buku pasti ada kelemahannya. Ketika menyampaikan hasil resensi pun, ia harus mengemukakan secara objektif apa saja kelemahan dari buku yang diresensinya.
8.      Kesimpulan (nilai buku)
Pada dasarnya merupakan kesimpulan kualitas buku berdasarkan keunggulan dan kelemahan yang telah dibahas oleh resensator. Pada bagian ini resensator dapat mengemukakan pendapatnya tentang baik-tidaknya isi buku, perlu-tidaknya dibaca, fungsinya bagi pembaca tertentu.  
G.    Sistematika/struktur resensi
1.      Judul (diperkenankan untuk mengubah judul)
2.      Data buku (judul, pengarang, jumlah halaman, tahun percetakan, penerbit, kota terbit, harga buku)
3.      Pembukaan (perkenalan pengarang, tema, membandingkan dengan buku sejenis, keunikan buku, kritikan terhadap keunggulan/kekurangan buku)
4.      Isi (sinopsis, ulasan/kutipan untuk penguat, rumusan kerangka ‘OIBT’
5.      Penutup (penting untuk siapa? Mengapa? Wajib dimiliki oleh siapa?)
H.    Langkah-langkah meresensi
1.      Pengajakan/pengenalan.
2.      Membaca.
3.      Menandai yang penting.
4.      Membuat sinopsis jika dalam buku sastra, kalau dalam buku nonsastra membuat ringkasan/ikhtisar.
5.      Menentukan sikap/menilai (OIBT)
-          Organisasi : kerangka buku, hubungan antar bagian ini harus masuk akal.
-          Isi : detail.
-          Bahasa : denotatif (makna yang lugas, tidak ditafsir (buku ilmiah) kohesi), konotatif ( boleh yang ditafsirkannya banyak) sesuai jenis tulisan.
-          Teknik : kebersihan, percetakan, lay out.
-          Nilai keseluruhan (objektif).
I.       Strategi Pembelajaran :
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi
Siswa dapat mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi.

J.      Metode pembelajaran :
-          Tanya Jawab
-          Ceramah
-          Demonstrasi
K.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (5 menit)
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2.      Mengkondisikan kelas.
3.      Mengecek kehadiran siswa.
4.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Guru bertanya mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.      Guru bertanya kepada siswa pengertian resensi.
7.       Guru bertanya kepada siswa tujuan menulis resensi.
8.       Guru memotivasi siswa mengenai materi pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
1.      Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks.
2.      Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa dan guru mendiskusikan fungsi dan tujuan penulisan resensi buku.
3.      Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku.
Elaborasi
1.      Guru dan siswa bertanya jawab mengenai prinsip-prinsip penulisan resensi.
2.      Siswa membuat peta konsep dari materi yang telah mereka simak dari Guru.
3.      Guru memberikan contoh resensi novel.
4.      Siswa  mengidentifikasi prinsip-prinsip resensi pada isi resensi buku berdasarkan contoh  yang telah dibacanya.
5.      Guru menyiapkan beberapa konsep untuk sesi review (satu sisi kartu soal (unsur resensi) dan satu sisi berupa kartu jawaban (contoh unsur resensi).
6.      Setiap peserta didik berhitung.
7.      Setiap peserta didik yang nomor urutnya dipanggil  mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban dan sebaliknya atau soal dari kartu yang dipegang.
8.      Peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban), peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point)
9.      Setelah itu babak dicocokkan lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
10.  Guru dan siswa mengungkap prinsip- prinsip resensi dari contoh resensi novel.
Konfirmasi
1.      Siswa dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
4.      Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pengalaman siswa pada saat menyimak materi yang disampaikan oleh guru.
5.      Siswa dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
6.      Siswa diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam memahami hal ihwal resensi buku terutama dalam mengidentifikasi dan mengungkapkan prinsip-prinsip resensi buku.
7.      Guru memotivasi siswa yang belum aktif dan belum paham dalam pembelajaran.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan bagaimana memahami dan mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika pada contoh hikayat yang mereka kaji.
3.      Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya perihal proses kegiatan materi yang telah dipelajarinya.
4.      Siswa mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
5.      Siswa diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
6.      Siswa dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
7.      Guru mengulas, merangkum, dan menyimpulkan tampilan presenstasi seluruh kelompok.
8.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan tugas pengayaan.
L.     Alat dan Sumber Belajar :
1.      Alat pembelajaran:
-      Infokus
-      Laptop
2.      Sumber belajar:
-      Mafrukhi, ddk. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
-      LKS
-      Keraf, Gorys. 1971. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
M.   Penilaian :
a.       Jenis Evaluasi:
-      Tugas Individu
b.      Bentuk Instrumen:
-      Penugasan
-      Format Pengamatan
c.       Instrumen:
Bagian A
1.    Cermatilah contoh resensi yang berjudul”’
2.    Analisislah prinsip-prinsip penulisan resensi yang terdapat pada resensi tersebut (identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku, kelemahan buku, ikhtisar dan simpulan).
Bagian B
Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e.
1.      Suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku merupakan pengertian....
a.       karangan
b.      artikel
c.       resensi
d.      tajuk rencana
e.       editorial
2.      Berikut ini prinsip- prinsip penulisan resensi, kecuali....
a.       identitas buku
b.      keunggulan buku
c.       kelemahan buku
d.      harga buku
e.       kesimpulan
3.      “Arena X Hymne Angkasa Raya ini yang berjenis fiksi ilmiah merupakan karya yang unik.” Unsur yang diresensi dalam kutipan tersebut adalah....
a.       jenis buku
b.      kelemahan buku
c.       kesimpulan
d.      kepengarangan
e.       keunggulan buku
4.      “Jadi, novel ini menggemakan sebuah kebenaran klasik abadi bagi kita, energy terbesar kehidupan bukanlah produk sains dan teknologi. Nengan membaca buku ini, kita dapat menemukan Arena X yang lain, yang bernama ‘jiwa dan hati’.” Kutipan tersebut merupakan bagian dari....
a.       kesimpulan
b.      kepengarangan
c.       identitas buku
d.      ringkasan
e.       isi buku
5.      Salah satu di antara prinsip resensi adalah....
a.       daftar pustaka
b.      catatan kaki
c.       identitas buku
d.      kata pengantar
e.       daftar isi
6.      Penulis resensi sering disebut dengan istilah....
a.       editor
b.      redaktor
c.       resentator
d.      penulis
e.       penyusun
7.                       Dari Sang Gadis Pemburu Senja
Juduk Buku     : Supernova, Petir
Penulis             : Dee
Penerbit           : Akur, Desember, 2004
Tebal Buku      : 201 halaman
Bagian resensi di atas termasuk....
b.      latar belakang kepengarangan
c.       ikhtisar cerita
d.      keunggulan/kelemahan buku
e.       identitas buku
f.       kesimpulan
8.      Elektra, tokoh utama dalam novel ini, bukan seorang gadis yang menjadi impian setiap perempuan remaja. Sesungguhnya, dia wakil dari remaja yang merasa dirinya “terlalu biasa-biasa saja” dengan kakak perempuan jelita yang sosoknya sekaligus menjadi penghinaan bagi eksistensi elektra yang terlalu biasa dan terlalu datar tanpa tenaga. “Wati merupakan wanita produk negeri dongeng yang ketika sudah bertemu Sang Pangeran maka pencariannya usai” (halaman 28).
Bagian resensi di atas termasuk....
a.       latar belakang kepengarangan
b.      ikhtisar cerita
c.       keunggulan/kelehaman buku
d.      identitas buku
e.       kesimpulan
9.      Di bawah ini merupakan tujuan resensi buku, kecuali....
a.       memberikan informasi
b.      mengajak untuk membaca/tidak membaca buku
c.       memberikan pertimbangan
d.      mempromosikan harga buku
e.       mendapatkan bimbingan pada saat memilih buku
10.  Di bawah ini yang bukan merupakan ketentuan dalam membuat resensi buku adalah....
a.       objektif
b.      jelas pada sasarannya
c.       subjektif
d.      menyeluruh
e.       singkat 
Kunci Jawaban:
1.      c
2.      d
3.      e
4.      a
5.      c
6.      c
7.      d
8.      b
9.      d
10.  c
N.    Rubrik Penilaian
Kompetensi Dasar       : 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
            Bagian A


No.
Kriteria
Deskriptor
Skor nilai
1
2
3
4
5
1.
Identitas buku
Ketepatan dalam mengidentifikasi identitas buku (judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku)





2.
Kepengarangan
Ketepatan dalam mengungkapkan kepengarangan dengan gaya bahasa menarik dan sesuai eyd





3.
Keunggulan buku
Ketepatan dalam menganalisis keunggulan buku





4.
Kelemahan buku
Ketepatan dalam menganalisis kelemahan buku





5.
Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Ketepatan dalam menganalisis isi buku dan mengungkapkan inti buku dengan lengkap dan menggunakan bahasa yang komunikatif dan penggunaan eyd yang baik dan benar





6.
Kesimpulan
Ketepatan dalam mengungkapkan simpulan resensi buku.





Skor total


Ket:  penilai memberikan penilaian berdasarkan deskriptor yang sudah tersedia dengan memberikan skala nilai: 1 jika tidak tepat, 2 jika kurang tepat, 3 jika sudah cukup, 4 jika baik, dan 5 jika sangat baik.
Penghitungan skor total:

Skor yang diperoleh



Nilai =
...............................................
X
100
= .....

Skor total (30)




            Bagian B
Jumlah soal adalah 10, setiap butir soal memiliki skor 10 sehingga jumlah skor jawaban benar semua adalah 100.


Skor yang diperoleh



Nilai  =
------------------------
X
100
=  . .  .

Skor Maksimum (100)





..........,....................
Mengetahui,

Guru Pamong
Guru PPL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia







Drs. Hj. Dede Susanna
Riska Ramdiani


No comments:

Post a Comment