https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: ANALISIS TINDAK KOMUNIKATIF, TINDAK TUTUR (SEARLY), DEIKSIS, DAN MAKSIM SOPAN SANTUN DALAM PERTUTURAN ORANG-ORANG YANG BERPENDIDIKAN https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Monday, January 5, 2015

ANALISIS TINDAK KOMUNIKATIF, TINDAK TUTUR (SEARLY), DEIKSIS, DAN MAKSIM SOPAN SANTUN DALAM PERTUTURAN ORANG-ORANG YANG BERPENDIDIKAN



ANALISIS TINDAK KOMUNIKATIF, TINDAK TUTUR (SEARLY), DEIKSIS, DAN MAKSIM SOPAN SANTUN DALAM PERTUTURAN ORANG-ORANG YANG BERPENDIDIKAN
disusun sebagai syarat untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pragmatik dengan dosen pengampu Ari Kartini, M.Pd.
oleh:
RISKA RAMDIANI
NIM: 12211029
kelas: 3A



2.gif


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (STKIP) GARUT
2014

A.    Pendahuluan
Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang berupa lambang bunyi suara yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. (Keraf, Gorys. 1987). Berbahasa dengan sopan dan santun sangatlah penting untuk dipelajari kemudian diimplementasikan dalam kehidupan nyata.
Bahasa merupakan suatu cerminan diri/jati diri seseorang, baik atau buruknya pribadi dan latar belakang seseorang dapat dilihat dari bagaimana ia berbahasa. Berbahasa yang sopan dan satun itu dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang, orang yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan ia akan mampu berbahasa dengan sopan dan santun, sedangkan orang yang mempunyai tingkat pendidikan yang rendah cenderung dia kurang sopan dan santun dalam berbahasa. Namun, di samping itu faktor lingkunganpun akan mempengaruhi seseorang dalam berbahasa. Jika seseorang berada pada lingkungan yang berbahasa dengan sopan dan santun, maka ia akan terkontaminasi berbahasa dengan sopan dan santun pula, dan sebaliknya.
Dalam realitas dalam masyarakat, orang yang berbahasa sopan dan santun secara otomatis ia akan dihargai oleh orang lain, baik oleh teman sebaya, orang yang lebih muda darinya, pun orang yang lebih tua darinya. Dan kenyataannya, masyarakat akan menghargai orang-orang yang berpendidikan, karena mereka berasumsi bahwa orang yang berpendidikan tentu ia akan berbahasa yang baik dan benar, berbahasa dengan sopan dan santun.
Orang yang berpendidikan tentu ia akan berbahasa dengan lebih berhati-hati dan selektif dalam berbahasa, dan orang yang pendidikannya rendah tentu ia akan berbahasa semaunya, tetapi hal itu tergantung di mana ia tumbuh. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang berpendidikan tinggi namun ia berbahasa kurang sopan dan santun, pun tidak sedikit orang yang berpendidikan rendah ia berbahasa dengan sopan dan santun.
Bangsa Indonesia di mata dunia terkenal dengan keramahan dan sopan santunnya baik dalam berperilaku, maupun berbahasa. Namun, pada kenyataannya masyarakat Indonesia pada zaman era globalisasi ini, banyak masyarakat Indonesia yang berpendidikan tinggi, bahkan pejabat sekalipun mereka seolah merusak citra bangsa Indonesia sendiri, seakan ikut melunturkan bahasa yang sopan dan santun yang menjadi jati diri bangsa.
Begitu ironis jika mendengar orang-orang yang berpendidikan namun ia berbahasa seperti orang yang tidak berpendidikan, hal ini banyak terjadi pada kalangan remaja. Bukankah dalam dunia pendidikan, seseorang diajarkan dan diarahkan untuk berbahasa dengan sopan dan santun, namun tidak sedikit dari mereka seperti tidak pernah diajarkan untuk berbahasa dengan sopan dan santun. Orang-orang yang berpendidikan tinggi sekalipun, mereka masih banyak yang kurang tepat memilah dan memilih kata dalam berbahasa, sehingga terjadinya kurangnya penghargaan dan kurangnya keharmonisan di antara masyarakat. Masih bisa ditolelir jika penggunaan bahasa kurang sopan dan santun itu dalam situasi nonformal dan berlawanan dengan mitra tutur yang sudah akrab dan keduanya saling memahami, namun tidak sedikit banyak dalam situasi formal mereka menggunakan bahasa yang sebenarnya jelas tidak pantas diucapkan. Bahkan dalam media sosial sekalipun, masyarakat Indonesia terutama di kalangan remaja mereka tidak segan menggunakan bahasa yang tidak terdidik, bahasa yang kurang sopan dan santun, tak peduli dengan etika berbahasa yang berlaku, pun tidak peduli dengan perasaan orang lain.
Bahasa yang sopan dan santun semakin terabaikan di kalangan masyarakat dalam berkomunikasi sehari-hari, mereka tidak membiasakannya/tidak membudayakan bahasa yang sopan dan santun dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Tidak sedikit para orang tua mengabaikan hal ini, mereka tidak menekankan kepada anak-anaknya untuk selalu berbahasa sopan dan santun. Bahasa memang tidak hilang, namun kesopanan dan kesantunan dalam berbahasanyalah yang perlahan hilang dan terbaikan. Hal ini pun didorong dengan semakin mewabahnya bahasa slank yang sangat tidak memperhatikan etika berbahasa, hal ini sangat disayangkan.
Hal seperti ini sudah dianggap biasa dan dianggap hal kecil bagi masyarakat, namun hal yang mereka anggap kecil ini justru akan berdampak sangat buruk dan mencomoti citra positif yang melekat pada diri seseorang sampai citra bangsa, sehingga akan dianggap rendah oleh orang lain, pun di mata dunia. Jika hal ini tidak diperhatikan dan tidak segera diperbaiki, maka akan berdampak buruk terhadap moral generasi di masa yang akan datang dan rendahnya kualitas berbahasa seseorang yang secara otomatis akan menjadi suatu budaya yang buruk dalam sebuah bangsa, sehingga akan mempengaruhi lambatnya perkembangan/kemajuan bangsa.
B.     Analisis dan Hasil
Ibu Noneng     : Assalamu’alaikum..
Ibu Ningrum   : Waalaikumsallam..
Ibu Noneng     : Bapak nyonong, bu?
Ibu                   : Pak, pak, pak, pak…
                        Uih ti garut?
Ibu Noneng     : Muhun, pulang setor motor.
                        Pak? Eta nawar tilu ratus ceunah pak.
Bapak Asum   : Kulan?
Ibu Noneng     : Nawar tilu ratus.
Bapak Asum   : Naon?
Ibu Noneng     : Meja teras, korsi teras.
Bapak Asum   : Tilu ratus?
Ibu Noneng     : Heem.
Bapak Asum   : Ieu na ge atuh moal mahi tilu ratus mah.
Ibu Noneng     : Nu korsi dua, meja hiji
Bapak Asum   : Atos dipulas diherangan deui.
Ibu Noneng     : Henteu, tina plastik nu napolik.
Bapak Asum   : Oh, nyangki bapak mah itu nu kayu.
Ibu Noneng     : Oh, ieu nu kieu.
Bapak Asum   : Muhun itu belah ditu?
Nyangki bapak mah nu kayu, diherangkeun weh itu teh.
Ibu Noneng     : Sanes, anu plastik.
Bapak Asum   : Ari di garut sabaraha Neng? Mereun apal.
Ibu Noneng     : Dua ratus. Da anjeunna nyanakna lima bulaneun ceunah moal lima bulaneun mereun pokokna mah.
Bapak Asum   : Namut? Namut nawis tilu ratus? Irit-irit teuing.
Ibu Noneng     : Tina plastik.
Ibu Ningrum   : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu mah tos warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu Noneng     : Muhun Bu, nuhun.
Pak Asum        : Nyak ke urang tempo modalna heula weh.
Ibu Noneng     : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji desember ngadon dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh cina kadieu”.
Pak Asum        : Ari minimalis cios teu?
Ibu Noneng     : Muhun cios, ayeuna abi teh tos ti dieu bade kaditu.
Pak Asum        : Nu kitu mah make panyeupeungannya?
Ibu Noneng     : Muhun.
Pak Asum        : Ari eta teh korsi naon taman nu dua meja hiji sabaraha dan?
Dani                : Nuju kosong pak.
Pak Asum        : Oh, mun aya sabaraha hargana Dan?
Dani                : Tilu ratus lima puluh Pak.
Pak Asum        : Oh, ya ya. Nuhun Dan.
                        Teu aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng, tos teu aya langkungna pendapatan bapak mah, paling kana opat ratus.
Ibu Noneng     : Oh, muhun wios ke urang wartoskeun.
Pak Asum        : Moal, moal aya langkungna tilu ratus mah.
Heuh da tuman meuli bensin ka nu deket lima puluh rebu ayeuna mah jadi saratuseun atuh da.
Ibu Noneng     : Muhun enyak pak kitu.
Pak Asum        : Heuh can supir mereun can jeng bensin.
Ibu Noneng     : Enyak.
Pak Asum        : Itu lain ku batur?
Ibu Noneng     : Enyak ku batur.
Pak Asum        : Yeuh mawa atuh hiji, nu mana kari, eneng bogoh? Eh seuri kalakah seuri.
Ibu Noneng     : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Pak Asum        : Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Ibu Noneng     : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da abi ngabatin isin katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi pikiran mah.
Pak Asum        : Tos asup sabaraha?
Ibu Noneng     : Pan nyanakna teh sareng deswar TV. Neme DP weh tipayun nyicil sakali tos weh.
Pak Asum        : Deswar naon?
Ibu Noneng     : Deswar anu alit kango TV.
Atuh Neng ceunah deswar TV mah entong, heeh bae dua ratus lima puluh rebu deui kari punahan eta kitu weh ceuk abi teh.
Pak Asum        : Aya kneh teu eta ge sisa?
Ibu Noneng     : Aya, tingal dua ratus lima puluh rebu deui meren mun dikembalikeun deui korsi teh.
Pak Asum        : Jadi teu masuk DP berartinya?
Ibu Noneng     : DP weh kapungkur. Da tos sataun satengah pak, tos sataun satengah.
Pak Asum        : Enyak dua meren, DPna sakali kitu?
Ibu Noneng     : Enyak eta we hungkul lebetna teh.
Pak Asum        : Atuh berarti kudu dipotong DPna mah meren, enyak tong dihijikeun.
Ibu Noneng     : Henteu Pak.
Pak Asum        : Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos-ongkosnya?
Ibu Noneng     : Enyak atuh.
 Tingal nyesa dua ratus lima puluh rebu di manehanana teh, dicanak kamari ku abi teh. Cina nginyeuman cina dipunahan.
Pak Asum        : Lain kana naon usahana teh?
Ibu Noneng     : Pak usahana mah, abi mah lain ieu usahana mah samingu teh sajuta satengah hutangna namru, jadi kitu jelemana.
Teu dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka urang teu mere, bisi majarkeun teu percaya.
Pak Asum        : Tah lamun ungah mah saha eta teh titih ngaranna teh saha?
Ibu Noneng     : Enyak Titih.
Pak Asum        : Lamun ungah mah Bapak ge segan atuh saliwat mah laloba duit jelema kitu mah.
Ibu Noneng     : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Pak Asum        : Loba hutang!
Ibu Noneng     : Tah Bapak mah kaditu mah kaditu.
Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan, ngomong datang salakina bari henteu.
Pak Asum        : Ari ku Bapak mah harita giru datang nyamperkeun.
Ibu Noneng     : Muhun ku bapak mah.
Pak Asum        : Tos nyobaan sprit menang bapak acan?
Ibu Noneng     : Teu acan.
Pak Asum        : Tah eta menang Bapak, tah ieu atuh basa ti tongoh ieu ku Bapak. Pakean Bapak teu kua kieu sok dipake ku bapak ngeus heubeul tah menang Bapak sprit.
Ari sentral marahal ayeuna teh, ngan nyorot kanu murah ieu. Sentral kudu opat langkung ayeuna mah. Nu kieu mah bisa dua lima.
                        Tah ngarah awet mah korsi nu kitu Neng!
Ibu Noneng     : Nu kieu?
Pak Asum        : Tah jok na ge. Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Ibu Noneng     : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak Asum        : Sanes, itu mah sa setel.
Kan tukang jok teh eweh tilu bulan, nya ku batur. Lamun bade mah tah nu ieu ku Bapak damel ku buludru ngarah alus mah, ayeuna mah nuju usum nu ungu, arek beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Ibu Noneng     : Kieu pak Bahanna?
Pak Asum        : Ngan Buludruna nu kituna nu alusna.
Ibu Noneng     : Oh muhun.
Pak Asum        : Itu teh tilu pintu?
Ibu Noneng     : Tilu pintu.
Pk Asum         : Itu teh tisum jati?
Ibu Noneng     : Jati.
Pak Asum        : Jati? Alah, sabaraha hargana tiheula?
Ibu Noneng     : Tipayun mah nuju dua juta.
Pak Asum        : Sabaraha?
Ibu Noneng     : Dua juta.
Pak Asum        : Ayeuna mah dua lima.
Ibu Noneng     : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki dieu teh.
Pak Asum        : Nya enyak atuh.
Da Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon. Tamah waktu harga naek.
Ibu Noneng     : Muhun Pak.
                        Aya keneh nu damel?
Pak Asum        : Pan eta di nu sabeulah.
Ibu Noneng     : Warung?
Pak Asum        : Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun kitu tah ngarah teu kuncad-kincid.
Ibu Noneng     : Raoseun kieu.
Pak Asum        : Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Ibu Noneng     : Muhun leres Pak.
a.       Faktor Penentu Tindak Komunikatif
1.      Penutur dan lawan tutur dalam pertuturan di atas adalah:
-          Penutur dalam pertuturan di atas adalah Ibu Noneng, seorang perempuan yang berusia 38 tahun, beliau mengenyam pendidikan sampai SMA. Ibu noneng adalah seorang ibu rumah tangga yang sedang mendalami dunia bisnis kredit peralatan rumah tangga.
-          Mitra tutur dalam pertuturan di atas adalah Bapak Asum, seorang lelaki paruh baya berusia 60 tahun, beliau adalah seorang mantan polisi, yang kini sedang berkecimpung dalam dunia bisnis meubel yang cukup berkembang.
-          Mitra tutur dalam pertuturan di atas ada juga Ibu Ningrum, beliau adalah istri dari Bapak Asum yang berusia 60 tahun, beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang mengenyam pendidikan sampai SMA.
-          Mitra tutur dalam pertuturan di atas juga ada Dani, beliau adalah seorang pegawai Bapak Asum yang berusia 25 tahun, beliau mengenyam pendidikan sampai SMA.
2.      Dalam pertuturan di atas, penutur dan mitra tutur dalam tindak tuturnya dilatar belakangi dengan maksud dan tujuan untuk membicarakan perihal bisnis. Bahwa Ibu Noneng bermaksud untuk menyampaikan perihal tentang kursi yang ditawar dan yang akan dipesan oleh temannya kepada Bapak Asum seperti pada tuturan Ibu Noneng ”Pak? Eta nawar tilu ratus ceunah pak”, menyampaikan perihal tentang Bi Titih yang sudah lama tidak membayar uang lemari seperti pada tuturan Ibu Noneng “Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji desember ngadon dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh cina kadieu””, dan menyampaikan perihal Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar pula sperti pada tuturan “Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan, ngomong datang salakina bari henteu”.
3.      Situasi dan keadaan dimana tindak komunikasi sedang berlangsung dalam pertuturan di atas adalah situasi nonformal, yakni dalam situasi yang santai.
4.      Konteks dalam pertuturan di atas adalah termasuk dalam konteks yang sedang bahagia dan konteks yang kesal, bahwa Ibu Noneng menyampaikan kekesalaannya kepada Bapak Asum terhadap Bi Titih dan Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
5.      Jalur tindak komunikatif dalam pertuturan di atas adalah dimana sebuah jalan atau sarana yang digunakan dalam komunikasi antara penutur dan mitra tutur untuk berkomunikasi nya adalah dengan jalur lisan, karena peserta dalam tindak tutur di atas berkomunikasi secara langsung.
6.      Media dalam pertuturan di atas menggunakan media tatap muka secara langsung sebagai sarana yang digunakan dalam komunikasi antara penutur dan mitra tutur.
7.      Peristiwa dalam pertuturan di atas adalah peristiwa berdikusi/bercakap-cakap/ngobrol dimana antara penutur dan mitra tutur saling berkomunikasi dengan maksud menyampaikan sebuah pesan serta adanya hubungan timbal balik dari keduanya.
b.      Tindak tutur (Searly)
1.      Refresentatif
-          Ibu                   : … Uih ti garut?
Ibu Noneng     : Muhun, pulang setor motor.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan ia memang pulang dari garut.
-          Pak Asum        : Ieu na ge atuh moal mahi tilu ratus mah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan memang barang itu modalnya saja tidak cukup dengan Rp. 300. 000.
-          Ibu Noneng     : Nu korsi dua, meja hiji.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menunjuk yang akan dipesannya adalah kursi dua dan meja satu.
-          Pak Asum        : Atos dipulas diherangan deui.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan kursi yang akan dipesan sudah dicat kembali.
-          Pak Asum        : Oh, nyangki bapak mah itu nu kayu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan/menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum mengemukakan/menjelaskan bahwa ia mengira yang akan dipesan oleh Ibu Noneng adalah kursi kayu.
-          Ibu Noneng     : Oh, ieu nu kieu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng meunjukkan kepada barang yang akan dipesan oleh temannya.
-          Pak Asum        : Muhun itu belah ditu! Nyangki bapak mah nu kayu,
diherangkeun weh itu teh.
Ibu Noneng     : Sanes, anu plastik.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menunjukkan barang yang dia kira akan dipesan oleh Ibu Noneng, dan menjelaskan bahwa barang itu telah dicat kembali, dibersihkan kembali.
-          Ibu Ningrum   : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah. Ibu mah tos
warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
            Ibu Noneng     : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk dan mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Ningrum menunjukkan air dan kue kepada Ibu Noneng, dan mengemukakan bahwa ia kenyang telah membeli mie ayam di dekat rumahnya.
-          Ibu Noneng     : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji
desember ngadon dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh cina kadieu”.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan perihal Bi titih yang tidak membayar cicilan dan malah dibelikan laptop, dan menjelaskan amanat dari Bi titih yang menyuruh Pak Asum untuk menemuinya.
-          Pak Asum        : Ari minimalis cios teu?
Ibu Noneng     : Muhun cios, ayeuna abi teh tos ti dieu bade kaditu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan akan jadi membeli minimalis dan menjelaskan bahwa ia akan datang ke rumah yang akan memesan minimalis setelah pulang dari rumah Pak Asum.
-          Pak Asum        : Ari eta teh naon korsi taman nu dua meja hiji sabaraha
dan?
Dani                : Nuju kosong Pak.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Dani menjelaskan barang yang akan dipesan oleh Pak Asum sedang kosong/tidak ada.
-          Pak Asum        : … Teu aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng,
tos teu aya langkungna pendapatan bapak mah, paling kana 400.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan kepada Ibu Noneng barang yang akan dipesan oleh Ibu Noneng tidak ada dimebeul temannya, dan menjelaskan pula bahwa barang di tempat lain akan lebih mahal tidak sesuai dengan pendapatan Bapak Asum.
-          Pak Asum        : Moal, moal aya langkungna 300 mah. Heuh da tuman
meuli bensin ka nu deket 50.000 ayeuna mah jadi saratuseun atuh da.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum mengemukakan dan menjelaskan tidak ada lebihnya dari harga yang ditawar oleh temannya Ibu Noneng, dan mengemukakan bahwa biasanya membeli bensin Rp. 50.000,- sekarang menjadi Rp. 100.000,- dengan jarak yang dekat.
-          Pak Asum        : Heuh can supir mereun can jeng bensin.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa harga yang ditawar oleh temannya Ibu Noneng tidak cukup untuk membayar supir dan membeli bensin.
-          Pak Asum        : Itu lain ku batur?
Ibu Noneng     : Enyak ku batur.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan barang yang dipesannya dibeli oleh orang lain.
-          Pak Asum        : Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum mengemukakan lebih baik memesan kursi sekarang mumpung ada supir karena supirnya kadang ada kadang tidak ada.
-          Ibu Noneng     : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da
abi ngabatin isin katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi pikiran mah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng memaparkan dan menjelaskan perihal tentang mengambil kembali barang yang dibeli Bi Titih karena tidak lekas membayar.
-          Ibu Noneng     : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan perihal kedatangannya karena ajakan anaknya.
-          Pak Asum        : Tos asup sabaraha?
Ibu Noneng     : Pan nyanakna teh sareng deswar TV. Neme DP weh
tipayun nyicil sakali tos weh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan barang dan berapa kali yang baru dibayar oleh temannya.
-          Pak Asum        : Deswar naon?
Ibu Noneng     : Deswar anu alit kango TV.
Atuh Neng ceunah deswar TV mah entong, heeh bae dua ratus lima puluh rebu deui kari punahan eta kitu weh ceuk abi teh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan barang yang seperti apa yang dipesan oleh temannya.
-          Pak Asum        : Aya kneh teu eta ge sisa?
Ibu Noneng     : Aya, tingal 250 deui meren mun dikembalikeun deui korsi
teh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan sisa cicilan temannya itu.
-          Pak Asum        : Jadi teu masuk DP berartinya?
Ibu Noneng     : DP weh kapungkur. Da tos sataun satengah pak, tos sataun
satengah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan bahwa temannya baru hanya membayar DP saja, dan menjelaskan bahwa temannya sudah mengkredit satu setengah tahun.
-          Pak Asum        : Enyak dua meren, DPna sakali kitu?
Ibu Noneng     : Enyak eta we hungkul lebetna teh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan temannya hanya sekali membayar waktu dulu.
-          Pak Asum        : Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos-ongkosnya?
Ibu Noneng     : Enyak atuh.
Tingal nyesa dua ratus lima puluh rebu di manehanana teh, dicanak kamari ku abi teh. Cina nginyeuman cina dipunahan.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan dan mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan sisa cicilan temannya, dan mengemukakan bahwa kemarin sudah dia tagih.
-          Pak Asum        : Lain kana naon usahana teh?
Ibu Noneng     : Pak usahana mah, abi mah lain ieu usahana mah samingu
teh sajuta satengah hutangna namru, jadi kitu jelemana. Teu dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka urang teu mere, bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan perihal pendapatan Bi Titih dan kehidupan Bi Titih.
-          Ibu Noneng     : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan tentang bagaimana hidupnya temannya.
-          Ibu Noneng     : … Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan,
ngomong datang salakina bari henteu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan perihal Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
-          Pak Asum        : Tos nyobaan sprit menang bapak acan?
Ibu Noneng     : Teu acan.
Pak Asum        : Tah eta menang Bapak, tah ieu atuh basa ti tongoh ieu ku.
Pakean Bapak teu kua kieu sok dipake ku bapak ngeus heubeul tah menang Bapak sprit. Ari sentral marahal ayeuna the, ngan nyorot kanu murah ieu. Sentral kudu opat langkung ayeuna mah. Nu kieu mah bisa dua lima.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjukkan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menunjukkan dan menjelaskan tempat tidur yang telah Bapak Asum buat, dan menjelaskan bahwa sentral sekarang sedang mahal dan lebih banyak diminati barang yang telah Bapak Asum buat.
-          Pak Asum        : Tah jok na ge. Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjukkan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menunjukkan jok kursi, dan menjelaskan kursi yang satu lagi kurang bagus karena pegawainya yang kurang bagus dalam bekerja.
-          Ibu Noneng     : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak Asum        : Sanes, itu mah sa setel. Kan tukang jok teh eweh tilu
bulan, nya ku batur.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa kursi itu bukan pasangannya, dan menjelaskan bahwa pembuat joknya tidak ada lantas dikerjakan oleh orang lain.
-          Pak Asum        : Ngan Buludruna nu kituna nu alusna.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menunjukkan bahan buludru yang bagusnya.
-          Pak Asum        : Jati? Alah, sabaraha hargana tiheula?
Ibu Noneng     : Tipayun mah nuju dua juta.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan harga lemari waktu dulu Rp. 2. 000.000,-.
-          Pak Asum        : Ayeuna mah dua lima.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa harga lemari dari jati sekarang Rp. 2. 500.000,-.
-          Pak Asum        : Da Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon.
Tamah waktu harga naek.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan beliau tidak merasa rugi.
-          Ibu Noneng     : Aya keneh nu damel?
Pak Asum        : Pan eta di nu sabeulah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan di pinggir rumahnya sedang ada yang bekerja.
-          Pak Asum        : Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun
kitu tah ngarah teu kuncad-kincid.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan fungsi lokasi rumah yang sedang dibangun.
-          Pak Asum        : Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan perihal keadaan rumah yang nanti sudah dibangun agar tamu langsung masuk ke mebeul.
2.      Komisif
-          Pak Asum        : Nyak ke urang tempo modalna heula weh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas mendorong Bapak Asum melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, yakni Bapak Asum akan melihat modalnya terlebih dahulu.
-          Bapak Asum   : Ari minimalis cios teu?
Ibu Noneng     : Muhun cios, ayeuna abi teh tos ti dieu bade ka ditu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas mendorong Ibu Noneng melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, bahwa Ibu Noneng akan ke tempat orang yang memesan minimalis sepulang dari rumah Bapak Asum.
-          Pak Asum        : Teu aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng, tos
teu aya langkungna pendapatan bapak mah, paling kana 400.
Ibu Noneng     : Oh, muhun wios ke urang wartoskeun.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas mendorong Ibu Noneng melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, bahwa ia akan memberitahukan perihal harga kepada temannya.
3.      Direktif
-          Bapak Asum   : Atos dipulas diherangan deui.
Ibu Noneng     : Henteu, tina plastik nu napolik.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, yakni Ibu Noneng menentang perkiraan pesanan Bapak Asum yang akan dipesan olehnya.
-          Bapak Asum   : Muhun itu belah ditu?
Nyangki bapak mah nu kayu, diherangkeun weh itu teh
Ibu Noneng     : Sanes, anu plastik.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Ibu Noneng menentang Bapak Asum, bahwa perkiraan yang diperkiraan oleh Bapak Asum tidak tepat.
-          Pak Asum        : Yeuh mawa atuh hiji, nu mana kari, eneng bogoh? Eh
seuri kalakah seuri
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Pak Asum mengusulkan kepada Ibu Noneng untuk membeli/mengambil kursi lagi untuknya.
-          Pak Asum        : Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan Ibu Noneng untuk membeli kursi mumpung ada supir.
-          Pak Asum        : Atuh berarti kudu dipotong DPna mah meren, enyak tong
dihijikeun.
Ibu Noneng     : Henteu Pak.
Pak Asum        : Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos
ongkosnya.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan bahwa DP nya harus dipotong, harus dipisahkan dengan DP barang yang lainnya.
-          Ibu Noneng     : Tah Bapak mah kaditu mah kaditu.
Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan, ngomong datang salakina bari henteu. Ari ku Bapak mah harita giru datang nyamperkeun.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Ibu Noneng mengusulkan Bapak Asum untuk menemui Bi Dadar supaya cepat membayar cicilan.
-          Pak Asum        : Tah ngarah awet mah korsi nu kitu Neng!
Ibu Noneng     : Nu kieu?
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan kepada Ibu Noneng untuk membeli kursi yang awet.
-          Ibu Noneng     : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak Asum        : Sanes, itu mah sa setel.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum menentang perkiraan Ibu Noneng perihal kursi.
-          Pak Asum        : … Lamun bade mah tah nu ieu ku Bapak damel ku
buludru ngarah alus mah, ayeuna mah nuju usum nu ungu, arek beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan Ibu Noneng untuk membeli kursi dan akan dibuatkan dari bahan buludru oleh Bapak Asum, dan mengusulkan warnanya.
4.      Ekspresif
-          Ibu Noneng     : … Pak? Eta nawar 300 ceunah pak.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan/ menyampaikan ucapan dari temannya kepada Bapak Asum.
-          Pak Asum        : Namut? Namut nawis 300? Irit-irit teuing.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengeritik perihal harga yang ditawar oleh teman Ibu Noneng.
-          Ibu Ningrum   : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu mah tos warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu Noneng     : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ningrum.
-          Ibu Noneng     : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji
desember ngadon dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh cina kadieu”.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal perangai Bi Titih yang ingkar janji untuk mencicil pada bulan Desember.
-          Pak Asum        : Oh, mun aya sabaraha hargana Dan?
Dani                : Tilu ratus lima puluh Pak.
Pak Asum        : Oh, ya ya. Nuhun Dan.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengucapkan terimakasih kepada Dani.
-          Ibu Noneng     : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan/menyampaikan ucapan kepada Bapak Asum perihal anaknya yang mengajaknya ke rumah Bapak Asum untuk melihat kursi.
-          Ibu Noneng     : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da
abi ngabatin isin katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi pikiran mah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa  Ibu Noneng mengdadukan kepada Bapak Asum perihal apa yang telah dilakukannya kepada Bi Titih.
-          Ibu Noneng     : Atuh Neng ceunah deswar TV mah entong, heeh bae 250
deui kari punahan eta kitu weh ceuk abi teh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal Bi Titih.
-          Pak Asum        : Lain kana naon usahana teh?
Ibu Noneng     : Pak usahana mah, abi mah lain ieu usahana mah samingu
teh sajuta satengah hutangna namru, jadi kitu jelemana.
Teu dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka urang teu mere, bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal kelakuan Bi Titih, dan mengadukan perihal ketidaknyamanan jika tidak memberikan kredit barang kepada Bi Titih.
-          Ibu Noneng     : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal kehidupan Bi Titih.
-          Ibu Noneng     : … Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan,
ngomong datang salakina bari henteu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
-          Pak Asum        : … Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengadukan perihal pekerjaan pegawainya yang kurang bagus.
-          Ibu Noneng     : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengeritik perihal perangai Bi Titih yang tidak benar.
-          Ibu Noneng     : Raoseun kieu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng memuji atas kebagusan ruangan rumah Bapak Asum.
5.      Deklaratif
-          Pak Asum        : Moal, moal aya langkungna 300 mah.
Heuh da tuman meuli bensin ka nu deket 50.000 ayeuna mah jadi saratuseun atuh da.
Ibu Noneng     : Muhun enyak pak kitu.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Pak Asum perihal biasanya membeli bensin Rp. 50.000,- menjadi Rp. 100.000,- dengan jarak dekat.
-          Pak Aum         : Heuh can supir can jeung bensin.
Ibu Noneng     : Enyak.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal DP itu untuk membayar supir dan membeli bensin.
-          Pak Asum        : Itu lain ku batur?
Ibu Noneng     : Enyak ku batur.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal barang yang dibeli oleh orang lain.
-          Pak Asum        : Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos
ongkosnya?
Ibu Noneng     : Enyak atuh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal DP itu untuk ongkos bukan untuk apa-apa.
-          Pak Asum        : Ari ku Bapak mah harita giru datang nyamperkeun.
Ibu Noneng     : Muhun ku bapak mah.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal jika Pak Asum menemui Bi Dadar, maka Bi Dadar akan segera menemuinya untuk membayar cicilan.
-          Ibu Noneng     : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teh.
Pak Asum        : Nya enyak atuh.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Bapak Asum memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Ibu Noneng bahwa Bi Titih tidak benar padahal semakin lama semakin mahal lemari jati itu.
-          Pak Asum        : Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Ibu Noneng     : Muhun leres Pak.
Tuturan di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal kenyamanan rumahnya.
c.       Deiksis
1.      Deiksis orang
-          Bapak
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Bapak’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Bapak’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada Bapak yang lain, bukan hanya kepada Bapak Asum.
-          Ibu
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Ibu’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Ibu’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada Bapak yang lain, bukan hanya kepada Ibu Ningrum.
-          Manehanana
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Manehanana’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Manehanana’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada orang yang lain, bukan hanya kepada Bi Titih.
-          Batur
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Batur’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Batur’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada orang yang lain, bukan hanya kepada teman Ibu Noneng saja.
-          Eneng
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘eneng’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Eneng’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada eneng yang lain, bukan hanya kepada ankaknya Ibu Noneng.
-          Mamah
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Mamah’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Mamah’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada mamah yang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-          Abi
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Abi’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Abi’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri orang yang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-          Urang
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Urang’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘Urang’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri orang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-          Jelema
Kata tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Jelema’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap, kata ‘jelema’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri orang lain, bukan hanya kepada Bi Titih.
2.      Deiksis tempat
-          Ka Ditu
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ka ditu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari pendengar dan pembicara.
-          Ti dieu
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ti dieu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah Bapak Asum, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat dekat dengan pembicara dan pendengar.
-          Didinya
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘didinya’ bisa saja merujuk ke tempat dimana pun, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari pendengar dan dekat dari pembicara.
-          Ka dieu
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ka dieu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya atau ke rumah Bapak Asum, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari pendengar dan dan dekat dari pembicara.
-          Dinu sabeulah
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘dinu sabeulah’ bisa saja merujuk ke ruangan sebelah rumah Pak Asum ataupun ruangan orang lain, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari pendengar dan pembicara.
-          Imah
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘imah’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya atau ke rumah Bapak Asum.
-          Garasi
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘garasi’ bisa saja merujuk ke garasi Ibu Noneng atau merujuk ke garasi Bapak Asum.
-          Warung
Kata tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘warung’ bisa saja merujuk ke warungIbu Noneng atau merujuk ke warung Bapak Asum.

3.      Deiksis waktu
-          Lima bulan
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kalau sekarang bulan November dan lima bulan kemduian berarti bulan April, kalau sekarang bulan April dan lima bulan kemudian berarti bulan September.
-          Desember
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, bisa saja menunjukkan pada bulan Desember tahun 2013, atau bisa saja pada bulan Desember tahun 2015.
-          Ayeuna
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘ayeuna’ bisa saja merujuk pada waktu yang dikatakan pada kemarin yang diucapkan kemarin, dan bisa saja pada besok yang diucapkannya pada besok pula.
-          Tipayun
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘tipayu’ bisa saja merujuk pada waktu kapan saja, entah pada bulan Maret atau pada bulan Mei.
-          Beuki dieu
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘beuki dieu’ bisa saja merujuk pada waktu sekarang atau di masa yang akan datang.
-          Kapungkur
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘kapungkur’ bisa saja merujuk pada waktu dulu tahun 2011, tahun 2012, atau tahun 2013.
-          Sataun satengah
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘sataun satengah’ bisa saja merujuk pada waktu satu setengah tahun pada tahun berapa saja, tidak jelas.
-          Samingu
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘samingu’ bisa saja merujuk pada jarak waktu seminggu kapan, jika hari ini hari senin maka seminggu yang akan datang merujuk pada hari minggu, pun jika hari ini minggu seminggu yang akan datang merujuk pada hari senin.
-          Tiheula
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘tiheula’ bisa saja merujuk pada waktu pada tahun 2011, tahun 2012, atau tahun 2013.
-          Heubeul
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘heubeul’ bisa saja merujuk pada waktu yang telah lama misalnya pada tahun 2011, tahun 2012, atau tahun 2013.
-          Tilu bulan
Kata tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘tilu bulan’ bisa saja merujuk pada bulan apa saja, misalnya jika sekarang bulan januari berarti merujuk pada bulan maret, pun seterusnya.
d.      Prinsip Sopan Santun
1.      Maksim kebijaksanaan
-          Ibu Ningrum   : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu mah tos warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu Noneng     : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan di atas termasuk pada maksim kebijaksanaan, karena Ibu Ningrum telah mengurangi kerugian dirinya sendiri dan menambahi keuntungan kepada Ibu Noneng, yakni menawari air minum dan kue, dan bengemukakan bahwa dirinya sudah kenyang karena membeli mie ayam di dekat rumahnya.
-          Ibu Noneng     : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teh.
Pak Asum        : Nya Enyak atuh.
Da Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon.
Ibu Noneng     : Muhun Pak.
Tuturan di atas termasuk pada maksim kebijaksanaan, karena Ibu Bapak Asum telah mengurangi kerugian dirinya sendiri dan menambahi keuntungan kepada temannya Ibu Noneng, yakni mengemukkan dirinya tidak rugi tidak merasa keberatan terhadap temannya Ibu Noneng yang tidak benar dalam mencicil kreditan.
2.      Maksim kedermawanan
-          Ibu Noneng     : … Teu dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali
ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka urang teu
mere, bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan di atas termasuk pada maksim kedermawanan, karena Ibu Noneng telah mengurangi keuntungan diri sendiri dan menambahi pengorbanan diri sendiri, yakni Ibu Noneng member kreditan lemari kepada temannya meski temannya tidak benar dalam mencicil kreditannya.
-          Pak Asum        : Lamun bade mah tah nu ieu ku Bapak damel ku buludru
ngarah alus mah, ayeuna mah nuju usum nu ungu, arek beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Tuturan di atas termasuk pada maksim kedermawanan, karena Ibu Noneng telah mengurangi keuntungan diri sendiri dan menambahi pengorbanan diri sendiri, karena Bapak Asum akan menjanjikan membuatkan kursi dari baha  buludru yang bagus untuk Ibu Noneng jika akan membelinya.
3.      Maksim penghargaan
-          Pak Asum        : Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun
kitu tah ngarah teu kuncad-kincid.
Ibu Noneng     : Raoseun kieu.
Tuturan di atas termasuk pada maksim penghargaan, karena Ibu Noneng telah mengurangi cacian pada Bapak Asum dan menambahi pujian pada Bapak Asum, yakni memuji kenyamanan rumah baru Bapak Asum.
4.      Maksim kesederhanaan
-          Pak Asum        : Lamun ungah mah Bapak ge segan atuh saliwat mah
laloba duit jelema kitu mah.
Tuturan di atas termasuk pada maksim kesederhanaan, karena Bapak Asum telah mengurangi pujian pada diri sendiri dan menambahi cacian pada diri sendiri, yakni merendahkan diri yang tidak nyaman jika mendatangi rumah temannya Ibu Noneng yang kaya.
5.      Maksim pemufakatan
-          Pak Asum        : Moal, moal aya langkungna 300 mah.
Heuh da tuman meuli bensin ka nu deket 50.000 ayeuna
mah jadi saratuseun atuh da.
Ibu Noneng     : Muhun enyak pak kitu.
Tuturan di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa menyesuaikan tentang apa yang dikemukakan/dikeluhkan oleh Bapak Asum.
-          Pak Asum        : Heuh can supir mereun can jeung bensin.
Ibu Noneng     : Enyak.
Tuturan di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng telah menyesuaikan perihal tentang apa yang dikmukakan oleh Bapak Asum.
-          Pak Asum        : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teuh.
Ibu Noneng     : Nya enyak atuh.
Tuturan di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng menyesuaikan terhadap apa yang dikemukakan oleh Bapak Asum.
-          Ibu Noneng     : Raoseun kieu.
Pak Asum        : Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Ibu Noneng     : Muhun leres Pak.
Tuturan di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng menyesuaikan apa yang dikemukakan oleh Bapak Asum.
6.      Maksim simpati
Dalam perututuran di atas, tidak adanya maksim simpati baik dari penutur maupun mitra tutur.


C.     Kesimpulan
Kesantunan orang yang bertutur pada pertuturan di atas memang cukup santun (sedang), kesantunan orang yang bertutur tersebut di dorong dengan faktor pendidikan dan faktor keakraban.
Ibu Noneng yang berlulusan SMA berkomunikasi dengan Bapak Asum seorang mantan polisi memang berbeda dalam kesantunan berbahasanya. Pendidikan memang mampu membuat seseorang lebih berhati-hati dalam berbahasa, dan mampu menyelektif kata-kata yang digunakan sesuai dengan siapa lawan tuturnya,  apa tujuannya, dalam situasi seperti apa, dalam konteks apa, jalur yang digunakan seperti apa, media yang digunakannya seperti apa, dan dalam peristiwa apa.
Di dalam pertuturan di atas, Ibu Noneng mengucapkan kata-kata yang kurang santun seperti kata pulang, maehanana, enyak, bae, hutang, namru, tiheula, urang, hirupna, ngomong, teu bener, leuwih, salakina. Pun Bapak Asum mengucapkan kata yang kurang santun seperti kata mahi, tempo, meureun, make, kari, asup, jelema, dipake, alus, mahal, deukeut, asup, ungah, eweh, tiheula, dinu sabeulah. Namun kata-kata itu bisa dimaklumi, karena kedua penutur tersebut sudah mempunyai keakraban yang sangat kental, sehingga untuk keakraban yang sudah kental itu cara berbahasa keduanya cukup santun. Diantara keudanya masih menjaga etika dalam berbahasa, baik Ibu Noneng kepada Bapak Asum, pun Bapak Asum kepada Ibu Noneng.

No comments:

Post a Comment