ANALISIS
TINDAK KOMUNIKATIF, TINDAK TUTUR (SEARLY), DEIKSIS, DAN MAKSIM SOPAN SANTUN
DALAM PERTUTURAN ORANG-ORANG YANG BERPENDIDIKAN
disusun sebagai syarat untuk memenuhi
tugas dalam mata kuliah Pragmatik dengan dosen pengampu Ari Kartini, M.Pd.
oleh:
RISKA
RAMDIANI
NIM:
12211029
kelas:
3A
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) GARUT
2014
A. Pendahuluan
Bahasa
adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang berupa lambang bunyi
suara yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. (Keraf, Gorys. 1987). Berbahasa
dengan sopan dan santun sangatlah penting untuk dipelajari kemudian diimplementasikan
dalam kehidupan nyata.
Bahasa
merupakan suatu cerminan diri/jati diri seseorang, baik atau buruknya pribadi
dan latar belakang seseorang dapat dilihat dari bagaimana ia berbahasa. Berbahasa
yang sopan dan satun itu dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang,
orang yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan ia akan mampu
berbahasa dengan sopan dan santun, sedangkan orang yang mempunyai tingkat
pendidikan yang rendah cenderung dia kurang sopan dan santun dalam berbahasa.
Namun, di samping itu faktor lingkunganpun akan mempengaruhi seseorang dalam
berbahasa. Jika seseorang berada pada lingkungan yang berbahasa dengan sopan
dan santun, maka ia akan terkontaminasi berbahasa dengan sopan dan santun pula,
dan sebaliknya.
Dalam
realitas dalam masyarakat, orang yang berbahasa sopan dan santun secara
otomatis ia akan dihargai oleh orang lain, baik oleh teman sebaya, orang yang
lebih muda darinya, pun orang yang lebih tua darinya. Dan kenyataannya,
masyarakat akan menghargai orang-orang yang berpendidikan, karena mereka
berasumsi bahwa orang yang berpendidikan tentu ia akan berbahasa yang baik dan
benar, berbahasa dengan sopan dan santun.
Orang
yang berpendidikan tentu ia akan berbahasa dengan lebih berhati-hati dan
selektif dalam berbahasa, dan orang yang pendidikannya rendah tentu ia akan
berbahasa semaunya, tetapi hal itu tergantung di mana ia tumbuh. Namun pada
kenyataannya, tidak sedikit orang yang berpendidikan tinggi namun ia berbahasa
kurang sopan dan santun, pun tidak sedikit orang yang berpendidikan rendah ia
berbahasa dengan sopan dan santun.
Bangsa
Indonesia di mata dunia terkenal dengan keramahan dan sopan santunnya baik
dalam berperilaku, maupun berbahasa. Namun, pada kenyataannya masyarakat
Indonesia pada zaman era globalisasi ini, banyak masyarakat Indonesia yang
berpendidikan tinggi, bahkan pejabat sekalipun mereka seolah merusak citra
bangsa Indonesia sendiri, seakan ikut melunturkan bahasa yang sopan dan santun
yang menjadi jati diri bangsa.
Begitu
ironis jika mendengar orang-orang yang berpendidikan namun ia berbahasa seperti
orang yang tidak berpendidikan, hal ini banyak terjadi pada kalangan remaja.
Bukankah dalam dunia pendidikan, seseorang diajarkan dan diarahkan untuk
berbahasa dengan sopan dan santun, namun tidak sedikit dari mereka seperti
tidak pernah diajarkan untuk berbahasa dengan sopan dan santun. Orang-orang
yang berpendidikan tinggi sekalipun, mereka masih banyak yang kurang tepat
memilah dan memilih kata dalam berbahasa, sehingga terjadinya kurangnya penghargaan
dan kurangnya keharmonisan di antara masyarakat. Masih bisa ditolelir jika
penggunaan bahasa kurang sopan dan santun itu dalam situasi nonformal dan
berlawanan dengan mitra tutur yang sudah akrab dan keduanya saling memahami,
namun tidak sedikit banyak dalam situasi formal mereka menggunakan bahasa yang
sebenarnya jelas tidak pantas diucapkan. Bahkan dalam media sosial sekalipun,
masyarakat Indonesia terutama di kalangan remaja mereka tidak segan menggunakan
bahasa yang tidak terdidik, bahasa yang kurang sopan dan santun, tak peduli
dengan etika berbahasa yang berlaku, pun tidak peduli dengan perasaan orang
lain.
Bahasa
yang sopan dan santun semakin terabaikan di kalangan masyarakat dalam
berkomunikasi sehari-hari, mereka tidak membiasakannya/tidak membudayakan
bahasa yang sopan dan santun dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun
tulisan. Tidak sedikit para orang tua mengabaikan hal ini, mereka tidak
menekankan kepada anak-anaknya untuk selalu berbahasa sopan dan santun. Bahasa
memang tidak hilang, namun kesopanan dan kesantunan dalam berbahasanyalah yang
perlahan hilang dan terbaikan. Hal ini pun didorong dengan semakin mewabahnya
bahasa slank yang sangat tidak memperhatikan etika berbahasa, hal ini sangat
disayangkan.
Hal
seperti ini sudah dianggap biasa dan dianggap hal kecil bagi masyarakat, namun
hal yang mereka anggap kecil ini justru akan berdampak sangat buruk dan
mencomoti citra positif yang melekat pada diri seseorang sampai citra bangsa,
sehingga akan dianggap rendah oleh orang lain, pun di mata dunia. Jika hal ini
tidak diperhatikan dan tidak segera diperbaiki, maka akan berdampak buruk
terhadap moral generasi di masa yang akan datang dan rendahnya kualitas
berbahasa seseorang yang secara otomatis akan menjadi suatu budaya yang buruk
dalam sebuah bangsa, sehingga akan mempengaruhi lambatnya perkembangan/kemajuan
bangsa.
B. Analisis
dan Hasil
Ibu
Noneng : Assalamu’alaikum..
Ibu
Ningrum : Waalaikumsallam..
Ibu
Noneng : Bapak nyonong, bu?
Ibu : Pak, pak, pak, pak…
Uih ti garut?
Ibu
Noneng : Muhun, pulang setor motor.
Pak? Eta nawar tilu
ratus ceunah pak.
Bapak
Asum : Kulan?
Ibu
Noneng : Nawar tilu ratus.
Bapak
Asum : Naon?
Ibu
Noneng : Meja teras, korsi teras.
Bapak
Asum : Tilu ratus?
Ibu
Noneng : Heem.
Bapak
Asum : Ieu na ge atuh moal mahi tilu
ratus mah.
Ibu
Noneng : Nu korsi dua, meja hiji
Bapak
Asum : Atos dipulas diherangan deui.
Ibu
Noneng : Henteu, tina plastik nu
napolik.
Bapak
Asum : Oh, nyangki bapak mah itu nu
kayu.
Ibu
Noneng : Oh, ieu nu kieu.
Bapak Asum : Muhun itu belah ditu?
Nyangki
bapak mah nu kayu, diherangkeun weh itu teh.
Ibu Noneng : Sanes, anu plastik.
Bapak Asum : Ari di garut sabaraha Neng? Mereun apal.
Ibu Noneng : Dua ratus. Da anjeunna nyanakna lima bulaneun ceunah moal lima
bulaneun mereun pokokna mah.
Bapak Asum : Namut? Namut nawis tilu ratus? Irit-irit teuing.
Ibu Noneng : Tina plastik.
Ibu Ningrum : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu
mah tos warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu Noneng : Muhun Bu, nuhun.
Pak Asum :
Nyak ke urang tempo modalna heula weh.
Ibu Noneng : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji desember
ngadon dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak
Asum teh cina kadieu”.
Pak Asum :
Ari minimalis cios teu?
Ibu Noneng : Muhun cios, ayeuna abi teh tos ti dieu bade kaditu.
Pak Asum :
Nu kitu mah make panyeupeungannya?
Ibu Noneng : Muhun.
Pak Asum :
Ari eta teh korsi naon taman nu dua meja hiji sabaraha dan?
Dani :
Nuju kosong pak.
Pak Asum :
Oh, mun aya sabaraha hargana Dan?
Dani :
Tilu ratus lima puluh Pak.
Pak Asum :
Oh, ya ya. Nuhun Dan.
Teu
aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng, tos teu aya langkungna pendapatan
bapak mah, paling kana opat ratus.
Ibu Noneng : Oh, muhun wios ke urang wartoskeun.
Pak Asum :
Moal, moal aya langkungna tilu ratus mah.
Heuh
da tuman meuli bensin ka nu deket lima puluh rebu ayeuna mah jadi saratuseun
atuh da.
Ibu Noneng : Muhun enyak pak kitu.
Pak Asum
: Heuh can supir mereun can jeng bensin.
Ibu Noneng : Enyak.
Pak Asum : Itu lain ku batur?
Ibu Noneng : Enyak ku batur.
Pak Asum :
Yeuh mawa atuh hiji, nu mana kari, eneng bogoh? Eh seuri kalakah seuri.
Ibu Noneng : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Pak Asum :
Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Ibu Noneng : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da abi
ngabatin isin katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi
pikiran mah.
Pak Asum : Tos asup sabaraha?
Ibu Noneng : Pan nyanakna teh sareng deswar TV. Neme DP weh tipayun nyicil sakali
tos weh.
Pak Asum : Deswar naon?
Ibu Noneng : Deswar anu alit kango TV.
Atuh
Neng ceunah deswar TV mah entong, heeh bae dua ratus lima puluh rebu deui kari
punahan eta kitu weh ceuk abi teh.
Pak Asum :
Aya kneh teu eta ge sisa?
Ibu Noneng : Aya, tingal dua ratus lima puluh rebu deui meren mun
dikembalikeun deui korsi teh.
Pak Asum :
Jadi teu masuk DP berartinya?
Ibu Noneng : DP weh kapungkur. Da tos sataun satengah pak, tos sataun
satengah.
Pak Asum :
Enyak dua meren, DPna sakali kitu?
Ibu Noneng : Enyak eta we hungkul lebetna teh.
Pak Asum :
Atuh berarti kudu dipotong DPna mah meren, enyak tong dihijikeun.
Ibu Noneng : Henteu Pak.
Pak Asum :
Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos-ongkosnya?
Ibu Noneng : Enyak atuh.
Tingal nyesa dua ratus lima puluh rebu di
manehanana teh, dicanak kamari ku abi teh. Cina nginyeuman cina dipunahan.
Pak Asum :
Lain kana naon usahana teh?
Ibu Noneng : Pak usahana mah, abi mah lain ieu usahana mah samingu teh
sajuta satengah hutangna namru, jadi kitu jelemana.
Teu
dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali ngabarangannya urang maenya
piraku ceunah ka urang teu mere, bisi majarkeun teu percaya.
Pak Asum :
Tah lamun ungah mah saha eta teh titih ngaranna teh saha?
Ibu Noneng : Enyak Titih.
Pak Asum :
Lamun ungah mah Bapak ge segan atuh saliwat mah laloba duit jelema kitu mah.
Ibu Noneng : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Pak Asum :
Loba hutang!
Ibu Noneng : Tah Bapak mah kaditu mah kaditu.
Tah
Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan, ngomong datang salakina bari henteu.
Pak
Asum : Ari ku Bapak mah harita giru
datang nyamperkeun.
Ibu Noneng : Muhun ku bapak mah.
Pak
Asum : Tos nyobaan sprit menang
bapak acan?
Ibu Noneng : Teu acan.
Pak Asum :
Tah eta menang Bapak, tah ieu atuh basa ti tongoh ieu ku Bapak. Pakean Bapak teu
kua kieu sok dipake ku bapak ngeus heubeul tah menang Bapak sprit.
Ari
sentral marahal ayeuna teh, ngan nyorot kanu murah ieu. Sentral kudu opat
langkung ayeuna mah. Nu kieu mah bisa dua lima.
Tah
ngarah awet mah korsi nu kitu Neng!
Ibu Noneng : Nu kieu?
Pak Asum :
Tah jok na ge. Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Ibu Noneng : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak Asum : Sanes, itu mah sa setel.
Kan
tukang jok teh eweh tilu bulan, nya ku batur. Lamun bade mah tah nu ieu ku
Bapak damel ku buludru ngarah alus mah, ayeuna mah nuju usum nu ungu, arek
beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Ibu Noneng : Kieu pak Bahanna?
Pak Asum :
Ngan Buludruna nu kituna nu alusna.
Ibu Noneng : Oh muhun.
Pak Asum :
Itu teh tilu pintu?
Ibu Noneng : Tilu pintu.
Pk Asum :
Itu teh tisum jati?
Ibu Noneng : Jati.
Pak Asum :
Jati? Alah, sabaraha hargana tiheula?
Ibu Noneng : Tipayun mah nuju dua juta.
Pak Asum : Sabaraha?
Ibu Noneng : Dua juta.
Pak Asum : Ayeuna mah dua lima.
Ibu Noneng : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki dieu teh.
Pak Asum :
Nya enyak atuh.
Da
Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon. Tamah waktu harga naek.
Ibu Noneng : Muhun Pak.
Aya
keneh nu damel?
Pak Asum
: Pan eta di nu sabeulah.
Ibu Noneng : Warung?
Pak Asum :
Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun kitu tah ngarah teu
kuncad-kincid.
Ibu Noneng : Raoseun kieu.
Pak Asum :
Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Ibu Noneng : Muhun leres Pak.
a. Faktor
Penentu Tindak Komunikatif
1. Penutur
dan lawan tutur dalam pertuturan di atas adalah:
-
Penutur dalam pertuturan di atas adalah Ibu
Noneng, seorang perempuan yang berusia 38 tahun, beliau mengenyam pendidikan
sampai SMA. Ibu noneng adalah seorang ibu rumah tangga yang sedang mendalami
dunia bisnis kredit peralatan rumah tangga.
-
Mitra tutur dalam pertuturan di atas
adalah Bapak Asum, seorang lelaki paruh baya berusia 60 tahun, beliau adalah
seorang mantan polisi, yang kini sedang berkecimpung dalam dunia bisnis meubel
yang cukup berkembang.
-
Mitra tutur dalam pertuturan di atas ada
juga Ibu Ningrum, beliau adalah istri dari Bapak Asum yang berusia 60 tahun,
beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang mengenyam pendidikan sampai SMA.
-
Mitra tutur dalam pertuturan di atas
juga ada Dani, beliau adalah seorang pegawai Bapak Asum yang berusia 25 tahun,
beliau mengenyam pendidikan sampai SMA.
2. Dalam
pertuturan di atas, penutur dan mitra tutur dalam tindak tuturnya dilatar
belakangi dengan maksud dan tujuan untuk membicarakan perihal bisnis. Bahwa Ibu
Noneng bermaksud untuk menyampaikan perihal tentang kursi yang ditawar dan yang
akan dipesan oleh temannya kepada Bapak Asum seperti pada tuturan Ibu Noneng
”Pak? Eta nawar tilu ratus ceunah pak”, menyampaikan perihal tentang Bi Titih
yang sudah lama tidak membayar uang lemari seperti pada tuturan Ibu Noneng
“Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji desember ngadon dibelikeun
kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh cina
kadieu””, dan menyampaikan perihal Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar pula
sperti pada tuturan “Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan, ngomong
datang salakina bari henteu”.
3. Situasi dan keadaan dimana tindak
komunikasi sedang berlangsung dalam pertuturan di atas adalah situasi
nonformal, yakni dalam situasi yang santai.
4. Konteks
dalam pertuturan di atas adalah termasuk dalam konteks yang sedang bahagia dan konteks
yang kesal, bahwa Ibu Noneng menyampaikan kekesalaannya kepada Bapak Asum
terhadap Bi Titih dan Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
5. Jalur tindak komunikatif dalam
pertuturan di atas adalah dimana sebuah jalan atau sarana yang digunakan dalam
komunikasi antara penutur dan mitra tutur untuk berkomunikasi nya adalah dengan
jalur lisan, karena peserta dalam tindak tutur di atas
berkomunikasi secara langsung.
6. Media
dalam pertuturan di atas menggunakan media tatap muka secara langsung sebagai sarana yang digunakan dalam
komunikasi antara penutur dan mitra tutur.
7. Peristiwa dalam pertuturan di atas
adalah peristiwa berdikusi/bercakap-cakap/ngobrol dimana antara penutur dan
mitra tutur saling berkomunikasi dengan maksud menyampaikan sebuah pesan serta
adanya hubungan timbal balik dari keduanya.
b. Tindak
tutur (Searly)
1. Refresentatif
-
Ibu :
… Uih ti garut?
Ibu
Noneng : Muhun, pulang setor motor.
Tuturan di atas
termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
ia memang pulang dari garut.
-
Pak Asum :
Ieu na ge atuh moal mahi tilu ratus mah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
memang barang itu modalnya saja tidak cukup dengan Rp. 300. 000.
-
Ibu Noneng : Nu korsi dua, meja hiji.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk
apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menunjuk yang akan
dipesannya adalah kursi dua dan meja satu.
-
Pak Asum :
Atos dipulas diherangan deui.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
kursi yang akan dipesan sudah dicat kembali.
-
Pak Asum : Oh, nyangki bapak mah itu nu kayu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas mengemukakan/menjelaskan
apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum mengemukakan/menjelaskan
bahwa ia mengira yang akan dipesan oleh Ibu Noneng adalah kursi kayu.
-
Ibu Noneng : Oh, ieu nu kieu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menunjuk apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng meunjukkan
kepada barang yang akan dipesan oleh temannya.
-
Pak Asum :
Muhun itu belah ditu! Nyangki bapak mah nu kayu,
diherangkeun weh
itu teh.
Ibu
Noneng : Sanes, anu plastik.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menunjuk dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum
menunjukkan barang yang dia kira akan dipesan oleh Ibu Noneng, dan menjelaskan
bahwa barang itu telah dicat kembali, dibersihkan kembali.
-
Ibu Ningrum : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah. Ibu mah tos
warareug tadi
meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu Noneng : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas menunjuk
dan mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Ningrum
menunjukkan air dan kue kepada Ibu Noneng, dan mengemukakan bahwa ia kenyang
telah membeli mie ayam di dekat rumahnya.
-
Ibu Noneng : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji
desember ngadon
dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh
cina kadieu”.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
perihal Bi titih yang tidak membayar cicilan dan malah dibelikan laptop, dan
menjelaskan amanat dari Bi titih yang menyuruh Pak Asum untuk menemuinya.
-
Pak Asum :
Ari minimalis cios teu?
Ibu
Noneng : Muhun cios, ayeuna abi teh
tos ti dieu bade kaditu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
akan jadi membeli minimalis dan menjelaskan bahwa ia akan datang ke rumah yang
akan memesan minimalis setelah pulang dari rumah Pak Asum.
-
Pak Asum :
Ari eta teh naon korsi taman nu dua meja hiji sabaraha
dan?
Dani
: Nuju kosong Pak.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Dani menjelaskan barang
yang akan dipesan oleh Pak Asum sedang kosong/tidak ada.
-
Pak Asum :
… Teu aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng,
tos teu aya langkungna
pendapatan bapak mah, paling kana 400.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
kepada Ibu Noneng barang yang akan dipesan oleh Ibu Noneng tidak ada dimebeul
temannya, dan menjelaskan pula bahwa barang di tempat lain akan lebih mahal
tidak sesuai dengan pendapatan Bapak Asum.
-
Pak Asum :
Moal, moal aya langkungna 300 mah. Heuh da tuman
meuli bensin ka nu
deket 50.000 ayeuna mah jadi saratuseun atuh da.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak
Asum mengemukakan dan menjelaskan tidak ada lebihnya dari harga yang ditawar
oleh temannya Ibu Noneng, dan mengemukakan bahwa biasanya membeli bensin Rp. 50.000,-
sekarang menjadi Rp. 100.000,- dengan jarak yang dekat.
-
Pak Asum
: Heuh can supir mereun can jeng bensin.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa harga yang ditawar
oleh temannya Ibu Noneng tidak cukup untuk membayar supir dan membeli bensin.
-
Pak Asum :
Itu lain ku batur?
Ibu
Noneng : Enyak ku batur.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu
Noneng menjelaskan barang yang dipesannya dibeli oleh orang lain.
-
Pak Asum :
Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum
mengemukakan lebih baik memesan kursi sekarang mumpung ada supir karena
supirnya kadang ada kadang tidak ada.
-
Ibu Noneng : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da
abi ngabatin isin
katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi pikiran mah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
mengemukakan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu
Noneng memaparkan dan menjelaskan perihal tentang mengambil kembali barang yang
dibeli Bi Titih karena tidak lekas membayar.
-
Ibu Noneng : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
perihal kedatangannya karena ajakan anaknya.
-
Pak Asum : Tos asup sabaraha?
Ibu
Noneng : Pan nyanakna teh sareng
deswar TV. Neme DP weh
tipayun nyicil
sakali tos weh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
barang dan berapa kali yang baru dibayar oleh temannya.
-
Pak Asum : Deswar naon?
Ibu
Noneng : Deswar anu alit kango TV.
Atuh Neng ceunah deswar
TV mah entong, heeh bae dua ratus lima puluh rebu deui kari punahan eta kitu
weh ceuk abi teh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
barang yang seperti apa yang dipesan oleh temannya.
-
Pak Asum :
Aya kneh teu eta ge sisa?
Ibu
Noneng : Aya, tingal 250 deui meren
mun dikembalikeun deui korsi
teh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
sisa cicilan temannya itu.
-
Pak Asum :
Jadi teu masuk DP berartinya?
Ibu
Noneng : DP weh kapungkur. Da tos sataun
satengah pak, tos sataun
satengah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
bahwa temannya baru hanya membayar DP saja, dan menjelaskan bahwa temannya
sudah mengkredit satu setengah tahun.
-
Pak Asum :
Enyak dua meren, DPna sakali kitu?
Ibu
Noneng : Enyak eta we hungkul lebetna
teh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
temannya hanya sekali membayar waktu dulu.
-
Pak Asum :
Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos-ongkosnya?
Ibu Noneng : Enyak atuh.
Tingal nyesa dua ratus lima puluh rebu
di manehanana teh, dicanak kamari ku abi teh. Cina nginyeuman cina dipunahan.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan dan mengemukakan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu
Noneng menjelaskan sisa cicilan temannya, dan mengemukakan bahwa kemarin sudah
dia tagih.
-
Pak Asum :
Lain kana naon usahana teh?
Ibu
Noneng : Pak usahana mah, abi mah lain
ieu usahana mah samingu
teh sajuta satengah
hutangna namru, jadi kitu jelemana. Teu dibere ku abi teh tiheula teh
manehanana ningali ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka urang teu mere,
bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
perihal pendapatan Bi Titih dan kehidupan Bi Titih.
-
Ibu Noneng : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
tentang bagaimana hidupnya temannya.
-
Ibu Noneng : … Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan,
ngomong datang
salakina bari henteu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
perihal Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
-
Pak Asum :
Tos nyobaan sprit menang bapak acan?
Ibu
Noneng : Teu acan.
Pak
Asum : Tah eta menang Bapak, tah
ieu atuh basa ti tongoh ieu ku.
Pakean Bapak teu kua
kieu sok dipake ku bapak ngeus heubeul tah menang Bapak sprit. Ari sentral
marahal ayeuna the, ngan nyorot kanu murah ieu. Sentral kudu opat langkung
ayeuna mah. Nu kieu mah bisa dua lima.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menunjukkan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak
Asum menunjukkan dan menjelaskan tempat tidur yang telah Bapak Asum buat, dan
menjelaskan bahwa sentral sekarang sedang mahal dan lebih banyak diminati
barang yang telah Bapak Asum buat.
-
Pak Asum :
Tah jok na ge. Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menunjukkan dan menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak
Asum menunjukkan jok kursi, dan menjelaskan kursi yang satu lagi kurang bagus
karena pegawainya yang kurang bagus dalam bekerja.
-
Ibu Noneng : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak
Asum : Sanes, itu mah sa setel. Kan
tukang jok teh eweh tilu
bulan, nya ku
batur.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa kursi itu bukan
pasangannya, dan menjelaskan bahwa pembuat joknya tidak ada lantas dikerjakan
oleh orang lain.
-
Pak Asum :
Ngan Buludruna nu kituna nu alusna.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menunjuk apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menunjukkan
bahan buludru yang bagusnya.
-
Pak Asum :
Jati? Alah, sabaraha hargana tiheula?
Ibu
Noneng : Tipayun mah nuju dua juta.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Ibu Noneng menjelaskan
harga lemari waktu dulu Rp. 2. 000.000,-.
-
Pak Asum : Ayeuna mah dua lima.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa harga lemari dari jati
sekarang Rp. 2. 500.000,-.
-
Pak Asum :
Da Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon.
Tamah waktu
harga naek.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
beliau tidak merasa rugi.
-
Ibu Noneng : Aya keneh nu damel?
Pak
Asum : Pan eta di nu sabeulah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
di pinggir rumahnya sedang ada yang bekerja.
-
Pak Asum :
Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun
kitu tah ngarah
teu kuncad-kincid.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
fungsi lokasi rumah yang sedang dibangun.
-
Pak Asum :
Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur refresentatif, karena tuturan di atas
menjelaskan apa dan bagaimana sesuatu itu adanya, bahwa Bapak Asum menjelaskan
perihal keadaan rumah yang nanti sudah dibangun agar tamu langsung masuk ke
mebeul.
2. Komisif
-
Pak Asum :
Nyak ke urang tempo modalna heula weh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas
mendorong Bapak Asum melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, yakni
Bapak Asum akan melihat modalnya terlebih dahulu.
-
Bapak Asum : Ari minimalis cios teu?
Ibu
Noneng : Muhun cios, ayeuna abi teh
tos ti dieu bade ka ditu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas
mendorong Ibu Noneng melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, bahwa
Ibu Noneng akan ke tempat orang yang memesan minimalis sepulang dari rumah
Bapak Asum.
-
Pak Asum :
Teu aya didinya mah. Tinu sejen teh sok mahal Neng, tos
teu aya langkungna
pendapatan bapak mah, paling kana 400.
Ibu
Noneng : Oh, muhun wios ke urang
wartoskeun.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur komisif, karena tuturan di atas
mendorong Ibu Noneng melakukan sesuatu dengan apa yang sudah dia ucapkan, bahwa
ia akan memberitahukan perihal harga kepada temannya.
3. Direktif
-
Bapak Asum : Atos dipulas diherangan deui.
Ibu
Noneng : Henteu, tina plastik nu
napolik.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, yakni Ibu Noneng menentang
perkiraan pesanan Bapak Asum yang akan dipesan olehnya.
-
Bapak Asum : Muhun itu belah ditu?
Nyangki
bapak mah nu kayu, diherangkeun weh itu teh
Ibu
Noneng : Sanes, anu plastik.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Ibu Noneng menentang Bapak
Asum, bahwa perkiraan yang diperkiraan oleh Bapak Asum tidak tepat.
-
Pak Asum :
Yeuh mawa atuh hiji, nu mana kari, eneng bogoh? Eh
seuri kalakah
seuri
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Pak Asum mengusulkan kepada
Ibu Noneng untuk membeli/mengambil kursi lagi untuknya.
-
Pak Asum :
Enyak mumpung aya supir, da supir teh luplep.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan Ibu
Noneng untuk membeli kursi mumpung ada supir.
-
Pak Asum :
Atuh berarti kudu dipotong DPna mah meren, enyak tong
dihijikeun.
Ibu
Noneng : Henteu Pak.
Pak
Asum : Enyak wayahna, DP teh da
lain ker nanaon, ker ongkos
ongkosnya.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan bahwa
DP nya harus dipotong, harus dipisahkan dengan DP barang yang lainnya.
-
Ibu Noneng : Tah Bapak mah kaditu mah kaditu.
Tah Bi Dadar warung
baso can mayar-mayar acan, ngomong datang salakina bari henteu. Ari ku Bapak
mah harita giru datang nyamperkeun.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Ibu Noneng mengusulkan Bapak
Asum untuk menemui Bi Dadar supaya cepat membayar cicilan.
-
Pak Asum :
Tah ngarah awet mah korsi nu kitu Neng!
Ibu
Noneng : Nu kieu?
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan
kepada Ibu Noneng untuk membeli kursi yang awet.
-
Ibu Noneng : Oh eta mah sanes pasanganna?
Pak
Asum : Sanes, itu mah sa setel.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum menentang
perkiraan Ibu Noneng perihal kursi.
-
Pak Asum :
… Lamun bade mah tah nu ieu ku Bapak damel ku
buludru ngarah alus
mah, ayeuna mah nuju usum nu ungu, arek beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur direktif, karena tuturan di atas
mendorong penangkap tutur melakukan sesuatu, bahwa Bapak Asum mengusulkan Ibu
Noneng untuk membeli kursi dan akan dibuatkan dari bahan buludru oleh Bapak
Asum, dan mengusulkan warnanya.
4. Ekspresif
-
Ibu Noneng : … Pak? Eta nawar 300 ceunah pak.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan/ menyampaikan ucapan
dari temannya kepada Bapak Asum.
-
Pak Asum :
Namut? Namut nawis 300? Irit-irit teuing.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengeritik perihal harga yang
ditawar oleh teman Ibu Noneng.
-
Ibu Ningrum : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu mah tos warareug
tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu
Noneng : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengucapkan terima kasih kepada
Ibu Ningrum.
-
Ibu Noneng : Heuh. Titih teh pak, ku abi teh da manehanana janji
desember ngadon
dibelikeun kana laptop nya manehanana teh kalah “heeh ceunah Neng, Pak Asum teh
cina kadieu”.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum
perihal perangai Bi Titih yang ingkar janji untuk mencicil pada bulan Desember.
-
Pak Asum :
Oh, mun aya sabaraha hargana Dan?
Dani :
Tilu ratus lima puluh Pak.
Pak
Asum : Oh, ya ya. Nuhun Dan.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengucapkan terimakasih kepada
Dani.
-
Ibu Noneng : Hayu ceunah mamah urang ngilikan korsi.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan/menyampaikan ucapan kepada
Bapak Asum perihal anaknya yang mengajaknya ke rumah Bapak Asum untuk melihat
kursi.
-
Ibu Noneng : Heuh bae tih ceuteh teh ah dari pada ngabatin mah ah, da
abi ngabatin isin
katanyaan ku bapak dikitukeunnya. Bae atuh ah dari pada jadi pikiran mah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu
Noneng mengdadukan kepada Bapak Asum perihal apa yang telah dilakukannya kepada
Bi Titih.
-
Ibu Noneng : Atuh Neng ceunah deswar TV mah entong, heeh bae 250
deui kari
punahan eta kitu weh ceuk abi teh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum
perihal Bi Titih.
-
Pak Asum :
Lain kana naon usahana teh?
Ibu
Noneng : Pak usahana mah, abi mah lain
ieu usahana mah samingu
teh
sajuta satengah hutangna namru, jadi kitu jelemana.
Teu dibere ku abi teh
tiheula teh manehanana ningali ngabarangannya urang maenya piraku ceunah ka
urang teu mere, bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum
perihal kelakuan Bi Titih, dan mengadukan perihal ketidaknyamanan jika tidak
memberikan kredit barang kepada Bi Titih.
-
Ibu Noneng : Puguh mah hirupna alabatan ti ieu kitu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal
kehidupan Bi Titih.
-
Ibu Noneng : … Tah Bi Dadar warung baso can mayar-mayar acan,
ngomong datang
salakina bari henteu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengadukan kepada Bapak Asum perihal
Bi Dadar yang sudah lama tidak membayar cicilan.
-
Pak Asum :
… Tah da nu eta pagaweanna kurang alus.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Bapak Asum mengadukan perihal pekerjaan
pegawainya yang kurang bagus.
-
Ibu Noneng : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng mengeritik perihal perangai Bi
Titih yang tidak benar.
-
Ibu Noneng : Raoseun kieu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur ekspresif, karena tuturan di atas
menyangkut perasaan dan sikap, bahwa Ibu Noneng memuji atas kebagusan ruangan
rumah Bapak Asum.
5. Deklaratif
-
Pak Asum :
Moal, moal aya langkungna 300 mah.
Heuh da tuman meuli
bensin ka nu deket 50.000 ayeuna mah jadi saratuseun atuh da.
Ibu
Noneng : Muhun enyak pak kitu.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Pak Asum perihal
biasanya membeli bensin Rp. 50.000,- menjadi Rp. 100.000,- dengan jarak dekat.
-
Pak Aum :
Heuh can supir can jeung bensin.
Ibu
Noneng : Enyak.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal DP
itu untuk membayar supir dan membeli bensin.
-
Pak Asum : Itu lain ku batur?
Ibu
Noneng : Enyak ku batur.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal
barang yang dibeli oleh orang lain.
-
Pak Asum :
Enyak wayahna, DP teh da lain ker nanaon, ker ongkos
ongkosnya?
Ibu
Noneng : Enyak atuh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal DP
itu untuk ongkos bukan untuk apa-apa.
-
Pak Asum :
Ari ku Bapak mah harita giru datang nyamperkeun.
Ibu
Noneng : Muhun ku bapak mah.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal
jika Pak Asum menemui Bi Dadar, maka Bi Dadar akan segera menemuinya untuk
membayar cicilan.
-
Ibu Noneng : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu
teh.
Pak
Asum : Nya enyak atuh.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Bapak
Asum memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Ibu Noneng bahwa Bi
Titih tidak benar padahal semakin lama semakin mahal lemari jati itu.
-
Pak Asum :
Muhun. Jadi mun aya tamu teh langsung weh.
Ibu
Noneng : Muhun leres Pak.
Tuturan
di atas termasuk ke dalam tindak tutur deklaratif, karena tuturan di atas
memantafkan atau membenarkan sesuatu dan menciptakan sesuatu hal, bahwa Ibu
Noneng memantafkan atau membenarkan apa yang dikemukakan Bapak Asum perihal
kenyamanan rumahnya.
c. Deiksis
1. Deiksis
orang
-
Bapak
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Bapak’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Bapak’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada Bapak
yang lain, bukan hanya kepada Bapak Asum.
-
Ibu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Ibu’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Ibu’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada Bapak
yang lain, bukan hanya kepada Ibu Ningrum.
-
Manehanana
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Manehanana’ adalah kata yang rujukannya tidak
tetap, kata ‘Manehanana’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk
kepada orang yang lain, bukan hanya kepada Bi Titih.
-
Batur
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Batur’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Batur’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada orang
yang lain, bukan hanya kepada teman Ibu Noneng saja.
-
Eneng
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘eneng’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Eneng’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada eneng
yang lain, bukan hanya kepada ankaknya Ibu Noneng.
-
Mamah
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Mamah’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Mamah’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada mamah
yang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-
Abi
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Abi’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Abi’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri
orang yang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-
Urang
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Urang’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘Urang’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri
orang lain, bukan hanya kepada Ibu Noneng.
-
Jelema
Kata
tersebut termasuk pada deiksis orang, karena berkaitan dengan peran atau
peserta yang terlibat dengan peristiwa berbahasa dan berupa kata ganti orang
dan bentuk sapaan, bahwa kata ‘Jelema’ adalah kata yang rujukannya tidak tetap,
kata ‘jelema’ bisa saja digunakan oleh siapapun, dan bisa merujuk kepada diri
orang lain, bukan hanya kepada Bi Titih.
2. Deiksis
tempat
-
Ka Ditu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ka
ditu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya,
yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari pendengar dan
pembicara.
-
Ti dieu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ti
dieu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah Bapak Asum,
yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat dekat dengan pembicara dan
pendengar.
-
Didinya
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘didinya’
bisa saja merujuk ke tempat dimana pun, yang pemberian bentuk ruangan kata
ganti tempat yang jauh dari pendengar dan dekat dari pembicara.
-
Ka dieu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘ka
dieu’ bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya atau
ke rumah Bapak Asum, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh
dari pendengar dan dan dekat dari pembicara.
-
Dinu sabeulah
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘dinu
sabeulah’ bisa saja merujuk ke ruangan sebelah rumah Pak Asum ataupun ruangan
orang lain, yang pemberian bentuk ruangan kata ganti tempat yang jauh dari
pendengar dan pembicara.
-
Imah
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘imah’
bisa saja merujuk ke rumah Ibu Noneng atau merujuk ke rumah temannya atau ke
rumah Bapak Asum.
-
Garasi
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘garasi’
bisa saja merujuk ke garasi Ibu Noneng atau merujuk ke garasi Bapak Asum.
-
Warung
Kata
tersebut termasuk pada deiksis tempat, karena rujukannya tidak tetap, kata ‘warung’
bisa saja merujuk ke warungIbu Noneng atau merujuk ke warung Bapak Asum.
3. Deiksis
waktu
-
Lima bulan
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kalau
sekarang bulan November dan lima bulan kemduian berarti bulan April, kalau
sekarang bulan April dan lima bulan kemudian berarti bulan September.
-
Desember
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, bisa saja
menunjukkan pada bulan Desember tahun 2013, atau bisa saja pada bulan Desember
tahun 2015.
-
Ayeuna
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘ayeuna’ bisa saja merujuk pada waktu yang dikatakan pada kemarin yang
diucapkan kemarin, dan bisa saja pada besok yang diucapkannya pada besok pula.
-
Tipayun
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘tipayu’ bisa saja merujuk pada waktu kapan saja, entah pada bulan Maret atau
pada bulan Mei.
-
Beuki dieu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘beuki
dieu’ bisa saja merujuk pada waktu sekarang atau di masa yang akan datang.
-
Kapungkur
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘kapungkur’ bisa saja merujuk pada waktu dulu tahun 2011, tahun 2012, atau
tahun 2013.
-
Sataun satengah
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘sataun satengah’ bisa saja merujuk pada waktu satu setengah tahun pada tahun
berapa saja, tidak jelas.
-
Samingu
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘samingu’ bisa saja merujuk pada jarak waktu seminggu kapan, jika hari ini hari
senin maka seminggu yang akan datang merujuk pada hari minggu, pun jika hari
ini minggu seminggu yang akan datang merujuk pada hari senin.
-
Tiheula
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘tiheula’ bisa saja merujuk pada waktu pada tahun 2011, tahun 2012, atau tahun
2013.
-
Heubeul
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata
‘heubeul’ bisa saja merujuk pada waktu yang telah lama misalnya pada tahun 2011,
tahun 2012, atau tahun 2013.
-
Tilu bulan
Kata
tersebut termasuk pada deiksis waktu, karena rujukanna tidak tetap, kata ‘tilu
bulan’ bisa saja merujuk pada bulan apa saja, misalnya jika sekarang bulan
januari berarti merujuk pada bulan maret, pun seterusnya.
d. Prinsip
Sopan Santun
1. Maksim
kebijaksanaan
-
Ibu Ningrum : Sok atuh cai-cai atuh, tah aya kue tah.
Ibu mah tos
warareug tadi meser mi ayam palih dinya tah.
Ibu
Noneng : Muhun Bu, nuhun.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim kebijaksanaan, karena Ibu Ningrum telah mengurangi
kerugian dirinya sendiri dan menambahi keuntungan kepada Ibu Noneng, yakni
menawari air minum dan kue, dan bengemukakan bahwa dirinya sudah kenyang karena
membeli mie ayam di dekat rumahnya.
-
Ibu Noneng : Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teh.
Pak
Asum : Nya Enyak atuh.
Da
Bapak mah teu rugi sabenerna mah, teu nanaon.
Ibu
Noneng : Muhun Pak.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim kebijaksanaan, karena Ibu Bapak Asum telah
mengurangi kerugian dirinya sendiri dan menambahi keuntungan kepada temannya
Ibu Noneng, yakni mengemukkan dirinya tidak rugi tidak merasa keberatan
terhadap temannya Ibu Noneng yang tidak benar dalam mencicil kreditan.
2. Maksim
kedermawanan
-
Ibu Noneng : … Teu dibere ku abi teh tiheula teh manehanana ningali
ngabarangannya urang maenya piraku
ceunah ka urang teu
mere, bisi majarkeun teu percaya.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim kedermawanan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
keuntungan diri sendiri dan menambahi pengorbanan diri sendiri, yakni Ibu
Noneng member kreditan lemari kepada temannya meski temannya tidak benar dalam
mencicil kreditannya.
-
Pak Asum :
Lamun bade mah tah nu ieu ku Bapak damel ku buludru
ngarah alus mah, ayeuna
mah nuju usum nu ungu, arek beureum, ungu usum teh ayeuna mah.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim kedermawanan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
keuntungan diri sendiri dan menambahi pengorbanan diri sendiri, karena Bapak
Asum akan menjanjikan membuatkan kursi dari baha buludru yang bagus untuk Ibu Noneng jika akan
membelinya.
3. Maksim
penghargaan
-
Pak Asum :
Eta teh kango ker imah jeng garasi, warung di kadieukeun
kitu
tah ngarah teu kuncad-kincid.
Ibu
Noneng : Raoseun kieu.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim penghargaan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
cacian pada Bapak Asum dan menambahi pujian pada Bapak Asum, yakni memuji
kenyamanan rumah baru Bapak Asum.
4. Maksim
kesederhanaan
-
Pak Asum :
Lamun ungah mah Bapak ge segan atuh saliwat mah
laloba duit
jelema kitu mah.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim kesederhanaan, karena Bapak Asum telah mengurangi
pujian pada diri sendiri dan menambahi cacian pada diri sendiri, yakni
merendahkan diri yang tidak nyaman jika mendatangi rumah temannya Ibu Noneng
yang kaya.
5. Maksim
pemufakatan
-
Pak Asum :
Moal, moal aya langkungna 300 mah.
Heuh da tuman meuli bensin ka nu deket
50.000 ayeuna
mah jadi saratuseun atuh da.
Ibu
Noneng : Muhun enyak pak kitu.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan
persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa menyesuaikan
tentang apa yang dikemukakan/dikeluhkan oleh Bapak Asum.
-
Pak Asum :
Heuh can supir mereun can jeung bensin.
Ibu
Noneng : Enyak.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan
persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng telah
menyesuaikan perihal tentang apa yang dikmukakan oleh Bapak Asum.
-
Pak Asum :
Manehanana teu bener kitu padahal leuwih mahal beuki
dieu teuh.
Ibu
Noneng : Nya enyak atuh.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan
persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng
menyesuaikan terhadap apa yang dikemukakan oleh Bapak Asum.
-
Ibu Noneng : Raoseun kieu.
Pak
Asum : Muhun. Jadi mun aya tamu teh
langsung weh.
Ibu
Noneng : Muhun leres Pak.
Tuturan
di atas termasuk pada maksim pemufakatan, karena Ibu Noneng telah mengurangi
ketidaksesuaian antara diri sendiri dengan Bapak Asum dan meingkatkan
persesuaian antara dirinya sendiri dengan Bapak Asum, bahwa Ibu Noneng menyesuaikan
apa yang dikemukakan oleh Bapak Asum.
6. Maksim
simpati
Dalam perututuran di atas, tidak adanya
maksim simpati baik dari penutur maupun mitra tutur.
C. Kesimpulan
Kesantunan
orang yang bertutur pada pertuturan di atas memang cukup santun (sedang), kesantunan
orang yang bertutur tersebut di dorong dengan faktor pendidikan dan faktor
keakraban.
Ibu
Noneng yang berlulusan SMA berkomunikasi dengan Bapak Asum seorang mantan
polisi memang berbeda dalam kesantunan berbahasanya. Pendidikan memang mampu
membuat seseorang lebih berhati-hati dalam berbahasa, dan mampu menyelektif
kata-kata yang digunakan sesuai dengan siapa lawan tuturnya, apa tujuannya, dalam situasi seperti apa,
dalam konteks apa, jalur yang digunakan seperti apa, media yang digunakannya
seperti apa, dan dalam peristiwa apa.
Di
dalam pertuturan di atas, Ibu Noneng mengucapkan kata-kata yang kurang santun
seperti kata pulang, maehanana, enyak, bae, hutang, namru, tiheula, urang,
hirupna, ngomong, teu bener, leuwih, salakina. Pun Bapak Asum mengucapkan kata
yang kurang santun seperti kata mahi, tempo, meureun, make, kari, asup, jelema,
dipake, alus, mahal, deukeut, asup, ungah, eweh, tiheula, dinu sabeulah. Namun
kata-kata itu bisa dimaklumi, karena kedua penutur tersebut sudah mempunyai
keakraban yang sangat kental, sehingga untuk keakraban yang sudah kental itu
cara berbahasa keduanya cukup santun. Diantara keudanya masih menjaga etika
dalam berbahasa, baik Ibu Noneng kepada Bapak Asum, pun Bapak Asum kepada Ibu
Noneng.
No comments:
Post a Comment