https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RENCANA PEMBELAJARAN MENYIMAK (RPM) https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Friday, July 11, 2014

RENCANA PEMBELAJARAN MENYIMAK (RPM)



disusun oleh: Riska Ramdiani
RencanaPembelajaranMenyimak
(RPM)
Namasekolah               : SD NegeriCigalontang
Mata Pelajaran            : PendidikanBahasa Indonesia
Kelas/Semester            : V/1
Pertemuanke               : 1 (satu)
AlokasiWaktu :2 x 40 menit
A.    StandarKompetensi
Menyimak (Memahamipenjelasannarasumberdanceritarakyatsecaralisan)
B.     KompetensiDasar
Menanggapipenjelasannarasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) denganmemperhatikansantunberbahasa
C.     Indikator
1)      Mendengarkanpenjelasanpetani.
2)      Mengidentifikasitopikpenjelasanpetani.
3)      Menentukantopikpenjelasanpetani.
D.    TujuanPembelajaran
1)      Setelahnarasumber (petani) dihadirkandi depankelas, siswadapatmendengarkanpenjelasanpetani.
2)      Saatmendengarkanpenjelasanpetani, siswadapatmengidentifikasilima kata kunci yang mendukungtopikpenjelasan.
3)      Setelahmendengarkanpenjelasanpetani, siswadapatmenentukantopikpenjelasanpetanidengantepat.
E.     MateriPembelajaran
1)      Menyimakpenjelasannarasumber
2)      Identifikasi kata kunci yang mendukungtopikpenjelasan
3)      Topikpenjelasan
F.      Langkah-langkahpembelajaran
1)      Kegiatanawal
a)      Mengecekkesiapanbelajarsiswa, ruangkelas, dan media yang akandigunakandalampembelajaran.
b)      Guru berceritatentangnarasumberpetani yang mempunyaiberbagaipengalamanlangsungdalammengolahtanahsampaimemetikhasilpanendengancaramemotivasidanbertanyajawabtentangpentingnyapetanidalampertanian Indonesia.
c)      Menyampaikantujuanpembelajarandengancaramemberikanilustasisingkataspek yang akandicapaidalampembelajaran.
2)      Kegiataninti
a)      Guru mengajakpetaniuntukmenjelaskantugaspokokdanfungsipetanidalammenghasilkanhasilpanen demi kepentingankehidupan di masyarakat.
b)      Siswamendengarkanpenjelasanpetanidenganmengidentifikasilima kata kunciyang mendukungtopikpenjelasan.
c)      Siswamenanggapipenjelasanpetanimelaluitanyajawabberkaitandenganisipenjelasan yang disampaikan.
3)      Kegiatanakhir
a)      Siswamemberikankesandanpengalamanberkaitandenganpembelajaran yang telahdialamimasing-masingdengancaramenuliskan di kartukesankemudianmembacakanberdasarkanpilihanacakdari guru.
b)      Guru memberikantugaskepadasiswaberupamelakukanwawancarakepadanarasumberselainpetaniuntukmenemukanpersoalanatauperistiwa yang dialaminarasumber.
G.    Media, Sumber, danMetodePembelajaran
1)      Media
BukuPelajaranBahasadanSastraIndonesia.
2)      Sumber
Narasumber: Petani
3)      MetodePembelajaran
1)      Identifikasi kata kunci.
2)      Menjawabpertanyaan.
H.    Evaluasi
1)      Metode
TesTertulis
2)      Bentuk
TesUraian
3)      InstrumenSoal
1)      Tulislah minimal 5 kata kuncidaripenjelasanpetani yang telahkamudengarkan!
2)      Topikapasajakah yang disampaikandalampenjelasanpetani? Sebutkan 3 topikkhususdan 1 topikumum?
3)      Topikpersoalanapasajakah yang terdapatdalamtekspercakapantentangpertanian?













RencanaPembelajaranMenyimak
(RPM)
Namasekolah               : SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran            : PendidikanBahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IX/1
Pertemuanke               : 1 (satu)
AlokasiWaktu : 2  x 40Menit
A.    StandarKompetensi
Mendengarkan/Menyimak (memahamimaknasebuahkaryasastrapuisi)
B.     KompetensiDasar
Mengidentifikasitemadanciri-ciripuisikontemporermelaluikegiatan
mendengarkanpuisi
C.     Indikator
1)      Mendengarkanpuisi
2)      Memahamitemadanmaknatujuandaripuisi
3)      Meneliticiri-ciripuisi
D.    TujuanPembelajaran
1)      Mencaritema yang terkandung di dalampuisi
2)      Memahamiciri-ciripuisi
E.     MateriPembelajaran
1)      Contohkumpulanpuisi
2)      Temadaritiappuisi
3)      Ciri-ciripuisi
F.      Langkah-langkahPembelajaran
1)      KegiatanAwal
a)      Guru menyapasiswasambil me-ngondisikankelasuntukbelajar
·         Salam pembuka
·         Sapaankabar
·         Pengkondisiankelas
b)      Guru menyampaikanaspek yang menunjang proses pembelajaran
·         Penyampaiantujuan
·          Tanya jawabtentangtopik yang akandibahas
·         Menyampaikanskenariopembelajaran
2)      KegiatanInti
a)      Guru mengulangmateripertemuansebelumnya
b)      Guru menyuguhkanbeberapacontohpuisi
c)      Siswadimintauntukmembacadalamhatipuisitersebut
d)     Beberapasiswadimintauntukmembacakannya di depankelas, siswa lain memperhatikandanmenghayatinya
e)      Siswadimintauntukmencaritemadaripuisi-puisitersebut
f)       Guru dansiswameneliticiri-ciripuisi
3)      KegiatanAkhir
a)      Siswabersama guru menyimpulkanmateri yang diajarkan
b)      Guru memberikesempatanbertanyakepadasiswatentangmateri yang belumjelas
c)      Siswabersama guru merefleksi-kankegiatanpembelajarandenganmengaitkandengankehidupansehari-hari
d)     Guru memberitugaskepadasiswauntukmencaricontohpuisi yang bertemakemanusiaan.
e)      Guru memberigambarantentangmateripertemuanberikutnya
f)       Guru menutuppembelajaran
G.    Media, Sumber, danMetodePembelajaran
1)      Media
a)      Bukupanduan
b)      Bukukumpulanpuisi
c)      White board danspidol
2)      Sumber
Narasumber: Siswa/Guru
3)      MetodePembelajaran
a)      Identifikasi kata kunci
b)      Simakterka
H.    Evaluasi
1)      Metode
Testertulis
2)      Bentuk
Tesuraian
3)      Instrumensoal
1)      Tulislah minimal lima kata kuncidarikaryasastrapuisikontemporer yang telahkamudengarkan!
2)      Cobajelaskanmaknaisidantujuansebuahkaryasastrapuisi yang telahkamudengarkantersebut!

No comments:

Post a Comment