disusun oleh: Riska Ramdiani
RencanaPembelajaranMenyimak
(RPM)
Namasekolah : SD NegeriCigalontang
Mata
Pelajaran : PendidikanBahasa
Indonesia
Kelas/Semester : V/1
Pertemuanke : 1 (satu)
AlokasiWaktu :2 x 40 menit
A. StandarKompetensi
Menyimak
(Memahamipenjelasannarasumberdanceritarakyatsecaralisan)
B. KompetensiDasar
Menanggapipenjelasannarasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
denganmemperhatikansantunberbahasa
C. Indikator
1) Mendengarkanpenjelasanpetani.
2) Mengidentifikasitopikpenjelasanpetani.
3) Menentukantopikpenjelasanpetani.
D. TujuanPembelajaran
1) Setelahnarasumber
(petani) dihadirkandi depankelas, siswadapatmendengarkanpenjelasanpetani.
2) Saatmendengarkanpenjelasanpetani,
siswadapatmengidentifikasilima kata kunci yang mendukungtopikpenjelasan.
3) Setelahmendengarkanpenjelasanpetani,
siswadapatmenentukantopikpenjelasanpetanidengantepat.
E. MateriPembelajaran
1) Menyimakpenjelasannarasumber
2) Identifikasi
kata kunci yang mendukungtopikpenjelasan
3) Topikpenjelasan
F. Langkah-langkahpembelajaran
1) Kegiatanawal
a) Mengecekkesiapanbelajarsiswa,
ruangkelas, dan media yang akandigunakandalampembelajaran.
b) Guru
berceritatentangnarasumberpetani yang
mempunyaiberbagaipengalamanlangsungdalammengolahtanahsampaimemetikhasilpanendengancaramemotivasidanbertanyajawabtentangpentingnyapetanidalampertanian
Indonesia.
c) Menyampaikantujuanpembelajarandengancaramemberikanilustasisingkataspek
yang akandicapaidalampembelajaran.
2) Kegiataninti
a) Guru
mengajakpetaniuntukmenjelaskantugaspokokdanfungsipetanidalammenghasilkanhasilpanen
demi kepentingankehidupan di masyarakat.
b) Siswamendengarkanpenjelasanpetanidenganmengidentifikasilima
kata kunciyang mendukungtopikpenjelasan.
c) Siswamenanggapipenjelasanpetanimelaluitanyajawabberkaitandenganisipenjelasan
yang disampaikan.
3) Kegiatanakhir
a) Siswamemberikankesandanpengalamanberkaitandenganpembelajaran
yang telahdialamimasing-masingdengancaramenuliskan di
kartukesankemudianmembacakanberdasarkanpilihanacakdari guru.
b) Guru
memberikantugaskepadasiswaberupamelakukanwawancarakepadanarasumberselainpetaniuntukmenemukanpersoalanatauperistiwa
yang dialaminarasumber.
G. Media,
Sumber, danMetodePembelajaran
1) Media
BukuPelajaranBahasadanSastraIndonesia.
2) Sumber
Narasumber: Petani
3) MetodePembelajaran
1) Identifikasi
kata kunci.
2) Menjawabpertanyaan.
H. Evaluasi
1) Metode
TesTertulis
2) Bentuk
TesUraian
3) InstrumenSoal
1) Tulislah
minimal 5 kata kuncidaripenjelasanpetani yang telahkamudengarkan!
2) Topikapasajakah
yang disampaikandalampenjelasanpetani? Sebutkan 3 topikkhususdan 1 topikumum?
3) Topikpersoalanapasajakah
yang terdapatdalamtekspercakapantentangpertanian?
(RPM)
Namasekolah : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : PendidikanBahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Pertemuanke : 1 (satu)
AlokasiWaktu : 2 x 40Menit
A. StandarKompetensi
Mendengarkan/Menyimak
(memahamimaknasebuahkaryasastrapuisi)
B. KompetensiDasar
Mengidentifikasitemadanciri-ciripuisikontemporermelaluikegiatan
mendengarkanpuisi
C. Indikator
1) Mendengarkanpuisi
2) Memahamitemadanmaknatujuandaripuisi
3) Meneliticiri-ciripuisi
D. TujuanPembelajaran
1) Mencaritema
yang terkandung di dalampuisi
2) Memahamiciri-ciripuisi
E. MateriPembelajaran
1) Contohkumpulanpuisi
2) Temadaritiappuisi
3) Ciri-ciripuisi
F. Langkah-langkahPembelajaran
1) KegiatanAwal
a) Guru
menyapasiswasambil me-ngondisikankelasuntukbelajar
·
Salam pembuka
·
Sapaankabar
·
Pengkondisiankelas
b) Guru
menyampaikanaspek yang menunjang proses pembelajaran
·
Penyampaiantujuan
·
Tanya jawabtentangtopik yang akandibahas
·
Menyampaikanskenariopembelajaran
2) KegiatanInti
a) Guru
mengulangmateripertemuansebelumnya
b) Guru
menyuguhkanbeberapacontohpuisi
c) Siswadimintauntukmembacadalamhatipuisitersebut
d) Beberapasiswadimintauntukmembacakannya
di depankelas, siswa lain memperhatikandanmenghayatinya
e) Siswadimintauntukmencaritemadaripuisi-puisitersebut
f) Guru
dansiswameneliticiri-ciripuisi
3) KegiatanAkhir
a) Siswabersama
guru menyimpulkanmateri yang diajarkan
b) Guru
memberikesempatanbertanyakepadasiswatentangmateri yang belumjelas
c) Siswabersama
guru
merefleksi-kankegiatanpembelajarandenganmengaitkandengankehidupansehari-hari
d) Guru
memberitugaskepadasiswauntukmencaricontohpuisi yang bertemakemanusiaan.
e) Guru
memberigambarantentangmateripertemuanberikutnya
f) Guru
menutuppembelajaran
G. Media,
Sumber, danMetodePembelajaran
1) Media
a) Bukupanduan
b) Bukukumpulanpuisi
c) White
board danspidol
2) Sumber
Narasumber: Siswa/Guru
3) MetodePembelajaran
a) Identifikasi
kata kunci
b) Simakterka
H. Evaluasi
1) Metode
Testertulis
2) Bentuk
Tesuraian
3) Instrumensoal
1) Tulislah
minimal lima kata kuncidarikaryasastrapuisikontemporer yang telahkamudengarkan!
2) Cobajelaskanmaknaisidantujuansebuahkaryasastrapuisi
yang telahkamudengarkantersebut!
No comments:
Post a Comment