disusun oleh: Riska Ramdiani
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama
sekolah : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Pendidikan Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Pertemuan
ke : 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan(
memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan -berita)
B. Kompetensi
Dasar
Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
C.
Indikator
1) Mendengarkan
berita
2) Mengidentifikasi
Kata Kunci
D.
Tujuan Pembelajaran
1) Peserta
didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun
(diligence)
2) Peserta
didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3) Peserta
didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
E.
Materi Pembelajaran
Penyimpulan
pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana
F. Langkah-langkah
pembelajaran
1) Kegiatan
Awal
a) Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas,
dan media yang
akan digunakan dalam
pembelajaran.
b) Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara
memberikan ilustrasi singkat aspek yang akan dicapai dalam pembelajaran.
2) Kegiatan
Inti
a) Guru mengajak narasumber untuk menjelaskan
cerita yang ingin disampaikan..
b) Siswa mendengarkan penjelasan narasumber
dengan mengidentifikasi lima kata kunci yang mendukung topik penjelasan.
c) Siswa menanggapi penjelasan narasumber
melalui tanya jawab berkaitan dengan isi penjelasan yang disampaikan.
3) Kegiatan
Akhir
a) Siswa memberikan kesan dan pengalaman
berkaitan dengan pembelajaran yang telah dialami masing-masing dengan cara
menuliskan di kartu kesan kemudian membacakan berdasarkan pilihan acak dari
guru.
b) Guru memberikan tugas kepada siswa berupa
melakukan wawancara kepada narasumber lain untuk menemukan persoalan atau
peristiwa yang dialami narasumber.
G. Media,
Sumber, dan Metode Pembelajaran
1) Media
Buku Pelajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia.
2) Sumber
Narasumber/petani
3) Metode
Pembelajaran
a) Identifikasi
kata kunci.
H.
Evaluasi
1) Metode
Tes Tulis
2) Bentuk
Tes Uraian
3) Instrumen
Soal
1) Tulislah
minimal 5 kata kunci dari penjelasan petani yang telah kamu dengarkan!
2) Topik
apa sajakah yang disampaikan dalam penjelasan narasumber?
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama
sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah.
B. Kompetensi
Dasar
Membuat
gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C. Indikator
1) Membuat
denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2) Menjawab
pertanyaan sesuai dengan denah.
3) Menjelaskan
secara lisan mengenai denah yang dibuat.
D. Tujuan
Pembelajaran
1) Siswa
dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
2) Siswa
dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
E. Materi
Pembelajaran
Gambar
/ Denah
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
1) Kegiatan
Awal:
a) Siswa
diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
b) Bertanya
jawab seputar denah yang diamati.
2) Kegiatan
Inti
a) Siswa
diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian (
respect ).
b) Sambil
mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah
sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty ).
c) Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
3) Kegiatan
Akhir
a) Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
b) Siswa
diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat
sendiri.
G. Media.
Sumber, Metode Pembelajaran
1) Media
a) Gambar/Denah
b) White
board dan spidol
2) Sumber
Denah/Gmbar
3) Metode
Pembelajaran
Simak Tulis
H. Evaluasi
1) Metode
Tes Tertulis
2) Bentuk
Tes Uraian
3) Instrumen
Soal
1) Buatlah
Denah yang telah Anda dengar berdasarkan petunjuknya!
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama
sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
B. Kompetensi
Dasar
Menulis
hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
C. Indikator
D. Tujuan
Pembelajaran
1) Siswa
dapat Mendengarkan pembacaan teks
2) Siswa
dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
E. Materi
Pembelajaran
Teks
Bacaan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
1) Kegiatan
Awal
a) Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
b) Mengajukan
pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
2) Kegiatan
Inti
a) Mendengarkan
pembacaan teks
b) Meringkas
teks yang didengarkan
3) Kegiatan
Akhir
a) Tanya
jawab,diskusi,penugasan
b) Membaca
buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
G. Media,
Sumber, dan Metode Pembelajaran
1) Media
a) Buku
panduan
b) Buku
Bacaan
2) Sumber
Buku Bina Bahasa
Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
3) Metode
Pembelajaran
Parafrase
H. Evaluasi
1) Metode
Tes Tulis
2) Bentuk
Tes Uraian
3) Instrumen
Soal
1) Coba
Anda ceritakan kembali tentang bacaan yang telah Anda dengar!
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama
sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
(Memahami informasi dari berbagai laporan)
B. Kompetensi
Dasar
Mendapatkan
topic dari berbagai laporan lisan
C. Indikator
a) Mencatat
pokok-pokok isi laporan
b) Menentukan
kalimat yang mendukung laporan
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu mendapatkan topic utama dari berbagai laporan lisan
E. Materi
Pembelajaran
Laporan
laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
1) Kegiatan
Awal
a) Guru
menyapa siswa sambil me-ngondisikan kelas untuk belajar
b) Guru
menyampaikan aspek yang menunjang proses pembelajaran
2) Kegiatan
Inti
a) Guru
mengulang materi pertemuan sebelumnya
b) Guru
membacakan Informasi laporan dari OSIS
c) Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa secara tes uraian
3) Kegitan
Akhir
a) Siswa
bersama guru menyimpulkan materi yang diajarkan
b) Guru
memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang belum jelas
c) Guru
memberi gambaran tentang materi pertemuan berikutnya
d) Guru
menutup pembelajaran
G. Media,
Sumber, dan Metode Pembelajaran
1) Media
a) White
board dan spidol
b) Pulpen
dan Buku Tulis
2) Sumber
Informasi
Laporan
3) Metode
Pembelajaran
Identifikasi
Kalimat topik
H. Evaluasi
1) Metode
Tes Tulis
2) Bentuk
Tes Uraian
3) Instrumen
Soal
1) Carilah
kalimat topic yang mendukung informasi laporan yang telah Anda dengar!
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama
sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
Pertemuan
ke :
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi
B. Kompetensi
Dasar
C. Indikator
D. Tujuan
Pembelajaran
E. Materi
Pembelajaran
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
G. Media,
Sumber, dan Metode Pembelajaran
No comments:
Post a Comment