https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RPP Menyimak https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Friday, July 11, 2014

RPP Menyimak



disusun oleh: Riska Ramdiani
Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama sekolah              : SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran            : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IX/1
Pertemuan ke              : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)
B.     Kompetensi Dasar
Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
C.     Indikator
1)      Mendengarkan berita
2)      Mengidentifikasi Kata Kunci
D.    Tujuan Pembelajaran
1)      Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2)      Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3)      Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
E.     Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana
F.      Langkah-langkah pembelajaran
1)      Kegiatan Awal
a)   Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas, dan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran.
b)   Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara memberikan ilustrasi singkat aspek yang akan dicapai dalam pembelajaran.
2)      Kegiatan Inti
a)   Guru mengajak narasumber untuk menjelaskan cerita yang ingin disampaikan..
b)   Siswa mendengarkan penjelasan narasumber dengan mengidentifikasi lima kata kunci yang mendukung topik penjelasan.
c)   Siswa menanggapi penjelasan narasumber melalui tanya jawab berkaitan dengan isi penjelasan yang disampaikan.
3)      Kegiatan Akhir
a)   Siswa memberikan kesan dan pengalaman berkaitan dengan pembelajaran yang telah dialami masing-masing dengan cara menuliskan di kartu kesan kemudian membacakan berdasarkan pilihan acak dari guru.
b)   Guru memberikan tugas kepada siswa berupa melakukan wawancara kepada narasumber lain untuk menemukan persoalan atau peristiwa yang dialami narasumber.
G.    Media, Sumber, dan Metode Pembelajaran
1)      Media
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
2)      Sumber
Narasumber/petani
3)      Metode Pembelajaran
a)      Identifikasi kata kunci.
H.    Evaluasi
1)      Metode
Tes Tulis
2)      Bentuk
Tes Uraian
3)      Instrumen Soal
1)   Tulislah minimal 5 kata kunci dari penjelasan petani yang telah kamu dengarkan!
2)   Topik apa sajakah yang disampaikan dalam penjelasan narasumber?




























Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :
Pertemuan ke              :
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.
B.     Kompetensi Dasar
Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.     Indikator
1)      Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2)      Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
3)      Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.
D.    Tujuan Pembelajaran
1)      Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
2)      Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
E.     Materi Pembelajaran
Gambar / Denah
F.      Langkah-langkah Pembelajaran
1)      Kegiatan Awal:
a)      Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
b)      Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
2)      Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
b)      Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ).
c)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
3)      Kegiatan Akhir
a)      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
b)      Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.    Media. Sumber, Metode Pembelajaran
1)      Media
a)      Gambar/Denah
b)      White board dan spidol
2)      Sumber
Denah/Gmbar
3)      Metode Pembelajaran
Simak Tulis
H.    Evaluasi
1)      Metode
Tes Tertulis
2)      Bentuk
Tes Uraian
3)      Instrumen Soal
1)      Buatlah Denah yang telah Anda dengar berdasarkan petunjuknya!



Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :
Pertemuan ke              :
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan
B.     Kompetensi Dasar
Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
C.     Indikator
D.    Tujuan Pembelajaran
1)      Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
2)      Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
E.     Materi Pembelajaran
Teks Bacaan
F.      Langkah-langkah Pembelajaran
1)      Kegiatan Awal
a)      Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
b)      Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
2)      Kegiatan Inti
a)      Mendengarkan pembacaan teks
b)      Meringkas teks yang didengarkan
3)      Kegiatan Akhir
a)      Tanya jawab,diskusi,penugasan
b)      Membaca buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
G.    Media, Sumber, dan Metode Pembelajaran
1)      Media
a)      Buku panduan
b)      Buku Bacaan
2)      Sumber
Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
3)      Metode Pembelajaran
Parafrase
H.    Evaluasi
1)      Metode
Tes Tulis
2)      Bentuk
Tes Uraian
3)      Instrumen Soal
1)      Coba Anda ceritakan kembali tentang bacaan yang telah Anda dengar!









Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :
Pertemuan ke              :
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan (Memahami informasi dari berbagai laporan)
B.     Kompetensi Dasar
Mendapatkan topic dari berbagai laporan lisan
C.     Indikator
a)      Mencatat pokok-pokok isi laporan
b)      Menentukan kalimat yang mendukung laporan
D.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendapatkan topic utama dari berbagai laporan lisan
E.     Materi Pembelajaran
Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
F.      Langkah-langkah Pembelajaran
1)      Kegiatan Awal
a)      Guru menyapa siswa sambil me-ngondisikan kelas untuk belajar
b)      Guru menyampaikan aspek yang menunjang proses pembelajaran
2)      Kegiatan Inti
a)      Guru mengulang materi pertemuan sebelumnya
b)      Guru membacakan Informasi laporan dari OSIS
c)      Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa secara tes uraian
3)      Kegitan Akhir
a)      Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang diajarkan
b)      Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang belum jelas
c)      Guru memberi gambaran tentang materi pertemuan berikutnya
d)     Guru menutup pembelajaran
G.    Media, Sumber, dan Metode Pembelajaran
1)      Media
a)      White board dan spidol
b)      Pulpen dan Buku Tulis
2)      Sumber
Informasi Laporan
3)      Metode Pembelajaran
Identifikasi Kalimat topik
H.    Evaluasi
1)      Metode
Tes Tulis
2)      Bentuk
Tes Uraian
3)      Instrumen Soal
1)      Carilah kalimat topic yang mendukung informasi laporan yang telah Anda dengar!











Rencana Pembelajaran Menyimak
(RPM)
Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :
Pertemuan ke              :
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
A.    Standar Kompetensi
B.     Kompetensi Dasar
C.     Indikator
D.    Tujuan Pembelajaran
E.     Materi Pembelajaran
F.      Langkah-langkah Pembelajaran
G.    Media, Sumber, dan Metode Pembelajaran
H.    Evaluasi

No comments:

Post a Comment