https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Friday, February 19, 2016

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MAN 1 Garut
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semerter            : XI/1
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
A.    Standar kompetensi :
Menulis: 8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
B.     Kompetensi dasar :
8.2  Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi 
C.    Indikator pencapaian kompetensi :
1.      Menulis resensi novel dengan memperhatikan;
a.       identitas buku,
b.      kepengarangan,
c.       keunggulan buku,
d.      kelemahan buku,
e.       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD,
f.       kesimpulan.
D.    Tujuan pembelajaran :
Setelah siswa mengikuti dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan:
1.      Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan  resensi
a.       identitas buku,
b.      kepengarangan,
c.       keunggulan buku,
d.      kelemahan buku,
e.       ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD,
f.       kesimpulan.
2.      Mengaplikasikan identitas buku
3.      Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku
E.     Karakteristik siswa yang diharapkan :
1.      Terampil
2.      Kritis
3.      Cinta tanah air
4.      Komunikatif
5.      Tanggung jawab
6.      Respontif
7.      Santun
8.      Religius
9.      Peduli
F.     Materi pembelajaran :
a.      Prinsip-prinsip penulisan resensi
1.      Identitas buku
Identitas buku biasanya dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku. Bagian ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran sebuah karya buku baru kepada masyarakat pembaca.
2.      Latar Belakang (gambaran umum)
Bagian ini menyajikan tema secara singkat ditambah dengan deskripsi mengenai buku tersebut. Deskripsi mengenai buku tidak hanya menyangkut isinya, tetapi juga identitas bukunya. Penulis dapat memulai resensinya dengan menyajikan latar belakang penulisan buku yang diresensi. Resensator dapat juga mengemukakan tema buku, maksud yang ingin dicapai penulis buku, atau gambaran umum isi buku.
3.      Jenis buku
Resentator mengungkapkan jenis buku, apakah fiksi atau nonfiksi.
4.      Kepengarangan
Terkait dengan siapa pengarang buku yang telah diresensi atau untuk memperkenalkan lebih jauh pengarang buku kepada pembaca dan karya-karya yang pernah ditulisnya. Kepengarangan adalah bentuk penyajian buku yang dilakukan oleh pengarang, misalnya cara menganalisis masalah yang dilakukan oleh pengarang, cara menyusun kesimpulan, serta gaya bahasa pengarang. Pada bagian ini dapat ditampilkan keunggulan pengarang.
5.      Ikhtisar
Resensator mengemukakan ikhtisar atau ringkasan isi buku. Biasanya ini merupakan bagian yang paling banyak. Agar mudah dipahami pembaca sebaiknya struktur yang digunakan mudah diikuti dan dengan bahasa yang baku, jelas, dan komunikatif.
6.      Keunggulan buku
Seorang penulis resensi harus berusaha dengan tepat menunjukan keunggulan buku dengan penilaian langsung, dengan cara memberi kutipan-kutipan yang menunjukkan pertalian yang tepat antara bagian-bagiannya. Untuk keunggulan buku, resensator dapat membahas kerangka buku, hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain. Apakah hubungan terebut harmonis, jelas, dan memperlihatkan perkembangan yang masuk akal, Apakah ada hubungan sebab akibat antarbagian. Penilaian di sini juga bisa mengemukakan daya tarik buku, keistimewaan buku, kelebihan buku dibanding buku (sejenis) yang lain.
7.      Kelemahan buku
Kelemahan buku dikemukakan dalam resensi, sebagai pertimbangan pembaca dalam memilih buku atau novel. Kelemahan buku, resensator harus jujur bahwa setiap buku pasti ada kelemahannya. Ketika menyampaikan hasil resensi pun, ia harus mengemukakan secara objektif apa saja kelemahan dari buku yang diresensinya.
8.      Kesimpulan (nilai buku)
Pada dasarnya merupakan kesimpulan kualitas buku berdasarkan keunggulan dan kelemahan yang telah dibahas oleh resensator. Pada bagian ini resensator dapat mengemukakan pendapatnya tentang baik-tidaknya isi buku, perlu-tidaknya dibaca, fungsinya bagi pembaca tertentu.  
b.      Sistematika resensi
1.      Judul (diperkenankan untuk mengubah judul)
2.      Data buku (judul, pengarang, jumlah halaman, tahun percetakan, penerbit, kota terbit, harga buku)
3.      Pembukaan (perkenalan pengarang, tema, membandingkan dengan buku sejenis, keunikan buku, kritikan terhadap keunggulan/kekurangan buku)
4.      Isi (sinopsis, ulasan/kutipan untuk penguat, rumusan kerangka ‘OIBTN’
5.      Penutup (penting untuk siapa? Mengapa? Wajib dimiliki oleh siapa?)
c.       Langkah-langkah meresensi novel
1.      Baca dengan penuh pemahaman novel yang akan kamu resensi.
2.      Carilah informasi tentang pengarangnya, latar belakang, prestasi, ataun pendidikannya.
3.      Analisislah unsur-unsur yang akan dibuat resensi dalam novel tersebut, terdiri atas berikut ini.
-          Identitas buku, meliputi: judul novel, pengarang, editor, penerbit, tahun terbit, kota penerbit, jumlah halaman, dan harga buku.
-          Ulasan, berisi uraian kelebihan dan kekurangan novel tersebut secaran objektif
-           Unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dapat kamu ungkapkan pada bagian ini. Sinopsis cerita diuraikan pokok-pokoknya.
-          Analisis pula aspek bahasa dan penyajian novel tersebut
4.      Analisislah konsumen atau pembaca yang layak untuk membaca novel tersebut.
5.      Buatlah kesimpulan mengenai isi novel tersebut.
G.    Jenis-jenis Resensi
Secara garis besar resensi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1.      Resensi Informatif, yaitu resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
2.      Resensi Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.
3.      Resensi Kritis, yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.
Namun, ketiga jenis resensi di atas tidak baku karena bisa saja dalam sebuah resensi ketiganya diterapkan secara bersamaan.
H.    Strategi Pembelajaran :
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi
Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
Siswa dapat menulis resensi novel dengan memperhatikan identitas buku, kepengarangan, keunggulan buku dan kelemahan buku, ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan  cermat EYD
I.       Metode pembelajaran :
-          Tanya Jawab
-          Ceramah
-          Demonstrasi
J.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (5 menit)
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2.      Mengkondisikan kelas.
3.      Mengecek kehadiran siswa.
4.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Guru bertanya mengenai materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.      Guru  mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa   mengingat kembali  prinsip-prinsip penulisan  resensi buku yang pernah  dipelajari sebelumnya
7.      Guru bertanya kepada siswa prinsi-prinsip resensi.
8.       Guru bertanya kepada siswa sistematika menulis resensi.
9.       Guru memotivasi siswa mengenai materi pembelajaran.
10.  Guru menanyakan hasil tugas memilih dan membaca buku baru yang akan diresensinya
11.  Guru menunjukkan sebuah buku terbaru yang menarik untuk dibaca dan  diresensi
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Pertemuan  Pertama
Eksplorasi
1.      Siswa diajak untuk mencermati dan menanggapi contoh resensi buku yang ditampilkan di buku teks untuk memperdalam pemahaman sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku.
2.      Siswa diberikan beberapa pertanyaan untuk memperdalam pemahaman mengenai sistematika dan pokok-pokok isi resensi.
3.      Guru menjelaskan tahap-tahap  penulisan resensi buku.
4.      Siswa mengeluarkan/menyiapkan buku  yang akan diresensinya.
5.      Siswa diberi kesempatan untuk membaca  sampai tuntas / menuntaskan pembacaan buku yang akan diresensi.
Elaborasi
1.    Siswa    meringkas atau mengidentifikasi garis besar isi buku.
2.    Siswa mengulas dan menimbang kelebihan dan kekurangan buku.
3.    Siswa   mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku   secara lengkap.
4.    Siswa menulis resensi buku   berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan.
5.    Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya dan dipresentasikan di depan kelas.
6.    Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya.
7.    Guru   mengapresiasi   beberapa resensi yang   sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa.
Konfirmasi
1.      Siswa dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
4.      Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pengalaman siswa pada saat menyimak materi yang disampaikan oleh guru.
5.      Siswa dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
6.      Siswa diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam membuat resensi buku terutama dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip resensi buku.
7.      Guru memotivasi siswa yang belum aktif dan belum paham dalam pembelajaran.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan bagaimana memahami dan mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika pada contoh hikayat yang mereka kaji.
3.      Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya perihal proses kegiatan materi yang telah dipelajarinya.
4.      Siswa mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
5.      Siswa diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
6.      Siswa dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
7.      Guru mengulas, merangkum, dan menyimpulkan hasil kerja siswa.
8.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan tugas pengayaan.
K.    Alat dan Sumber Belajar :
1.      Alat pembelajaran:
-      Infokus
-      Laptop
2.      Sumber belajar:
-      Mafrukhi, ddk. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
-      LKS
-      Keraf, Gorys. 1971. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
L.     Penilaian :
a.       Jenis Evaluasi:
-      Tugas Individu
b.      Bentuk Instrumen:
-      Penugasan
-      Format Pengamatan
c.       Instrumen:
1.      Carilah sebuah buku di perpustakaan!
2.      Buatlah resensi rentang buku tersebut!
3.      Perhatihan prinsip-prinsip/unsur-unsur resensi yang telah kamu pelajari!
M.   Rubrik Penilaian
Kompetensi Dasar       : 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
No.
Kriteria
Deskriptor
Skor nilai
1
2
3
4
5
1.
Identitas buku
Ketepatan dalam mengaplikasikan identitas buku (judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku)





2.
Kepengarangan
Ketepatan dalam menuliskan kepengarangan dengan gaya bahasa menarik dan sesuai eyd





3.
Keunggulan buku
Ketepatan dalam menuliskan keunggulan buku





4.
Kelemahan buku
Ketepatan dalam menuliskan kelemahan buku





5.
Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan eyd
Ketepatan dalam mengaplikasikan isi buku dan mengungkapkan inti buku dengan lengkap dan menggunakan bahasa yang komunikatif dan penggunaan eyd yang baik dan benar.





6.
Kesimpulan
Ketepatan dalam membuat simpulan buku yang diresensi.





Skor total


Ket:  penilai memberikan penilaian berdasarkan deskriptor yang sudah tersedia dengan memberikan skala nilai: 1 jika tidak tepat, 2 jika kurang tepat, 3 jika sudah cukup, 4 jika baik, dan 5 jika sangat baik.
Penghitungan skor total:

Skor yang diperoleh



Nilai =
...............................................
X
100
= .....

Skor total (30)





..........,....................
Mengetahui,

Guru Pamong
Guru PPL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia







Drs. Hj. Dede Susanna
Riska Ramdiani



No comments:

Post a Comment