Nama :
Riska Ramdiani
NIM :
12211029
Kelas :
3-A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Sman 11 Garut
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semerter :
X/1
Alokasi waktu :
1 x 45 menit
A.
Standar kompetensi :
Mendengarkan
: 1. Memahami
siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B.
Kompetensi dasar :
1.1.Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
C.
Indikator pencapaian kompetensi :
1. Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam
beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
2. Menyampaikan secara lisan isi berita yang
telah ditulis secara runtut dan jelas.
3. Menanggapi berdasarkan informasi yang
didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
D.
Tujuan pembelajaran :
1. Menuliskan isi siaran radio/ televisi
dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan
mudah dipahami.
2. Menyampaikan secara lisan isi berita yang
telah ditulis secara runtut dan jelas.
3. Menanggapi berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat).
4. Menanggapi berita dengan menggunakan
alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
E. Karakteristik siswa yang diharapkan :
1. Terampil
2. Kritis
3. Cinta
tanah air
4. Komunikatif
5. Tanggung
jawab
6. Respontif
7. Santun
8. Religius
9. peduli
F. Materi pembelajaran :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
-
Pokok-pokok isi berita
-
Penangapan
isi berita
G.
Strategi Pembelajaran :
1.
Interaktif
2.
Empirik
3.
Pembelajaran tidak langsung
4.
Ekspositori
5.
Peningkatan kemampuan berperilaku
H.
Metode pembelajaran :
-
Diskusi
-
Tanya
Jawab
-
Ceramah
-
Demonstrasi
I.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal (5 menit)
1. Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2. Mengkondisikan
kelas.
3. Mengecek
kehadiran siswa.
4. Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Membentuk
kelompok diskusi.
B. Kegiatan
Inti (30 menit)
Eksplorasi
1. Siswa dan guru mendengarkan
berita tentang bencana longsor
di Banjarnegara.
2. Siswa menyampaikan secara
lisan isi berita secara bergantian.
Elaborasi
1. Siswa menuliskan isi berita
dalam beberapa kalimat.
2. Siswa mendiskusikan isi
berita.
Konfirmasi
1.
Siswa
dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.
Siswa
dan guru menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
3.
Guru
menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
4.
Siswa
dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil
pekerjaan siswa.
5.
Siswa
dan guru berdiskusi mengenai kesulitan-kesulitan memahami siaran atau
cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
C.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
1.
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah
dipelajari.
2.
Siswa
dan guru menyimpulkan bagaimana memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung.
3.
Siswa
mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
4.
Siswa
diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
5.
Siswa
dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
6.
Siswa
menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan
tugas pengayaan.
J.
Alat dan Sumber Belajar :
1. Alat
pembelajaran:
- Infokus
- Laptop
2. Sumber
belajar:
- Radio/
tape
- Televisi
- CD
salinan berita atau kaset rekaman
K.
Penilaian :
a. Jenis
Evaluasi:
- Tugas
individu
b.
Bentuk Instrumen:
-
Penugasan
c.
Instrumen:
Siswa ditugaskan untuk menyimak salah satu berita pada stasiu TV yang
berbeda, seluruh siswa dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama menyimak
berita di stasiun TV TVONE, dan bagian kedua menyimak berita di stasiu TV SCTV.
Kemudian masing-masing siswa disuruh untuk merangkum dan mengomentari isi
berita tersebut!
L. Pedoman Penilaian
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang ditilai
|
Skor
|
||
Menggunakan kalimat
dengan runtut dan mudah dipahami
|
Menggunakan bahasa
dengan santun
|
Isi rangkuman
sesuai dengan isi berita
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment