https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home Kumpulan puisi, cerpen, artikel, makalah, teks pidato, dan berbagai informasi lainnya.: RPP KELAS X KTSP https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-9308896189900728/home

Tuesday, May 5, 2015

RPP KELAS X KTSP



Nama               : Riska Ramdiani
NIM                : 12211029
Kelas               : 3-A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : Sman 11 Garut
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semerter            : X/1
Alokasi waktu             : 1 x 45 menit
A.    Standar kompetensi :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B.     Kompetensi dasar :
1.1.Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
C.    Indikator pencapaian kompetensi :
1.      Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
2.      Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas.
3.      Menanggapi berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
D.    Tujuan pembelajaran :
1.      Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
2.      Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
3.      Menanggapi berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
4.      Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
E.     Karakteristik siswa yang diharapkan :
1.      Terampil
2.      Kritis
3.      Cinta tanah air
4.      Komunikatif
5.      Tanggung jawab
6.      Respontif
7.      Santun
8.      Religius
9.      peduli
F.     Materi pembelajaran :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
-          Pokok-pokok isi berita
-          Penangapan isi berita
G.    Strategi Pembelajaran :
1.      Interaktif
2.      Empirik
3.      Pembelajaran tidak langsung
4.      Ekspositori
5.      Peningkatan kemampuan berperilaku
H.    Metode pembelajaran :
-          Diskusi
-          Tanya Jawab
-          Ceramah
-          Demonstrasi
I.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (5 menit)
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan pembelajaran.
2.      Mengkondisikan kelas.
3.      Mengecek kehadiran siswa.
4.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Membentuk kelompok diskusi.
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
1.      Siswa dan guru mendengarkan berita tentang bencana longsor di Banjarnegara.
2.      Siswa menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian.
Elaborasi
1.      Siswa menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat.
2.      Siswa mendiskusikan isi berita.
Konfirmasi
1.      Siswa dipersilakan bertanya mengenai hal yang belum dipahami.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
4.      Siswa dan guru memberikan komentar serta apresiasi yang positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
5.      Siswa dan guru berdiskusi mengenai kesulitan-kesulitan memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk mereview materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa dan guru menyimpulkan bagaimana memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
3.      Siswa mengumpulkan hasil kerja sebagai portofolio.
4.      Siswa diberikan apresiasi dan motivasi terhadap hasil pekerjaannya.
5.      Siswa dan guru bersama-sama merefleksi manfaat dari pelajaran yang telah dipelajari.
6.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya dan tugas pengayaan.
J.      Alat dan Sumber Belajar :
1.      Alat pembelajaran:
-      Infokus
-      Laptop
2.      Sumber belajar:
-      Radio/ tape
-      Televisi
-      CD salinan berita atau kaset rekaman
K.    Penilaian :
a.       Jenis Evaluasi:
-      Tugas individu
b.      Bentuk Instrumen:
-      Penugasan
c.       Instrumen:
Siswa ditugaskan untuk menyimak salah satu berita pada stasiu TV yang berbeda, seluruh siswa dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama menyimak berita di stasiun TV TVONE, dan bagian kedua menyimak berita di stasiu TV SCTV. Kemudian masing-masing siswa disuruh untuk merangkum dan mengomentari isi berita tersebut!
L.     Pedoman Penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang ditilai
Skor
Menggunakan kalimat dengan runtut dan mudah dipahami
Menggunakan bahasa dengan santun
Isi rangkuman sesuai dengan isi berita
1.





2.





3.





4.





5.


























No comments:

Post a Comment